Lifestyle 

Menemukan Tujuan Hidup Manusia dan Cara Menjalaninya Agar Bahagia

Beritaterkini99-Hidup di dunia ini tentu tidak ingin sekadar asal hidup saja. Maksudnya tidak ada upaya untuk menjadi manusia lebih baik dan lebih baik lagi tiap saat. Kehadiran manusia di dunia pasti memiliki tujuan.

Tujuan hidup manusia satu dengan yang lainnya pastinya memiliki perbedaan. Kalaupun ada kesamaan pada tujuan hidup, pasti cara menjalankannya berbeda atau sesuai dengan cara pribadi masing-masing individu.

Tujuan hidup manusia adalah hal mendasar. Setiap orang harus memiliki tujuan hidup, sekecil apapun itu. Meski begitu, tidak jarang banyak orang yang kebingungan mencari tujuan hidup dan pada akhirnya menjalani hidup hanya ala kadarnya saja. Alhasil, mereka tidak menemukan kebahagiannya sendiri.

Nah, buat Anda yang masih bingung apa tujuan hidup manusia dan bingung ingin memulainya seperti apa, berikut Beritaterkini99.com rangkum dari berbagai sumber untuk menemukan tujuan hidup.

2 dari 4 halaman

Passion dan Talent

1. Passions

Passion yang ada dalam diri kita itu cukup banyak. Anda bisa merasakan gairah dalam diri akan muncul saat melakukan hal yang disukai. Passion akan membuat Anda merasa “lapar” terus-menerus sehingga ingin melakukan hal yang lebih baik. Anda akan berkompetisi dengan diri sendiri dan membuat target lebih tinggi dari capaian sebelumnya.

2. Talents

Anda sebenarnya punya banyak bakat di dalam diri. Jika bakat itu diasah, maka akan menjadi kekuatan. Tapi, terkadang Anda tidak menyadari bakat yang ada dalam diri. Maka, tanyakan pada orang lain yang sering berinteraksi dengan Anda. Mereka yang bisa melihat merasakan atau bahkan mengakui kelebihan Anda.

3 dari 4 halaman

Membuat Rencana Pencapaian Tujuan Hidup

1. Tentukan Peringkat TujuanJika Anda memiliki beberapa tujuan hidup, Anda harus membuatkan rencana pencapaian dengan baik. Mualilah dengan menentukan prioritas atas tujuan hidup yang sudah Anda buat.

2. Kumpulkan Informasi PendukungSetelah Anda menentukan sebuah atau beberapa tujuan yang saling mendukunh, mulai juga untuk mencari tahu bagaimana cara mencapainya.

3. Tentukan Tujuan AntaraPerjuangan mencapai tujuan adalah proses yang panjang dan rumit. Berdasarkan pengetahuan Anda tentang hal-hal yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan, langkah berikutnya adalah menguraikan tujuan menjadi beberapa tujuan antara. Dengan adanya tujuan antara, Anda bisa lebih mudah mengelola proses pencapaian tujuan dengan menentukan rencana langkah demi langkah untuk mencapai tujuan akhir.

4. Tentukan TenggatSetelah Anda menentukan langkah-langkah untuk mencapai tujuan secara terperinci, tentukan tenggat. Buatlah perkiraan yang masuk akal, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan antara dan tentukan tenggat pencapaiannya.

5. Buatlah Rencana untuk Menghadapi KendalaMengantisipasi kemungkinan terjadinya kendala yang harus dihadapi akan membantu Anda menyiapkan rencana untuk menghadapinya, jika benar-benar terjadi.

4 dari 4 halaman

Cara Memperjuangkan Tujuan Hidup

1. Ciptakan Lingkungan yang MendukungApapun tujuan hidup Anda, temui atau ciptakan lingkungan yang sesuai untuk mendukung pencapaian tujuan. Berusahalah sebaik mungkin, agar orang-orang dan lingkungan di sekitar Anda tidak menimbulkan kendala.

2. Mulailah BekerjaTentukan tanggal untuk mulai mencapai tujuan Anda. Setelah menentukan kapan harus memulai, segera laksanakan rencana Anda.

3. Berusaha Mencapai Tujuan Secara KonsistenSetelah Anda memulai, kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan hidup terletak pada kegigihan dan konsistensi Anda. Proses ini harus dijalani langkah demi langkah dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh sebab itu, Anda harus terus selalu berusaha dalam berproses.

4. Jagalah MotivasiPenting juga untuk menjaga motivasi. Sebab konsistensi adalah hal yang sangat penting. Adanya tujuan antara yang bisa tercapai sangatlah penting untuk mendukung motivasi. Anda akan tetpa antusias dan berkomitmen jika berhasil melakukan prosesnya.

5. Catatlah Progres yang Sudah TercapaiAgar Anda tetap termotivasi, selalu mecatat progress dan membacanya secara teratur. Tergantung pada tujuan dan preferensi, Anda bisa menggunkan aplikasi, jurnalm atau kalender.

Cara tersebut akan mengingatkan Anda pada tujuan antara yang sudah tercapai. Selain itu, Anda juga akan tetap bertanggung jawab untuk bekerja sesuai dengan jadwal yang sudah Anda tentukan sendiri.

Perlu Diingat

Tujuan sering kali berubah seiring terjadinya berbagai peristiwa dalam kehidupan. Berusahalah mempertimbangkan kembali tujuan Anda secara sadar dan teratur, alih-alih secara tidak sadar ingin mencapai tujuan yang pernah Anda tentukan beberapa tahun yang lalu. Revisi adalah hal yang wajar.

Related posts