Lifestyle 

Pakai Kipas Angin Bisa Sebabkan Kematian? Ini Faktanya!

beritaterkini99 – Apakah kamu pernah menerima pesan berantai atau membaca di media sosial soal pakai kipas angin saat tidur yang disebut bisa menyebabkan kematian? Dokter spesialis paru, dr Frans Abednego Barus, SpP, membantah hal tersebut dan menegaskan bahwa kematian memang bisa terjadi saat tidur namun bukan disebabkan oleh kipas angin.

dr Frans menegaskan, penggunaan kipas angin tidak bermasalah asal jangan sampai menggunakannya di ruangan yang tertutup total. Setidaknya ada ventilasi atau jendela terbuka untuk tetap memberikan suplai oksigen ke dalam kamar.

“Jadi gini, seseorang memakai kipas angin di kamar tertutup di mana akses oksigennya terbatas, itu bukan salah kipas anginnya. Kipas angin kan berfungsi sebagai pemutar udara, membuat aliran angin sehingga oksigen tetap masuk dan tetap ada pertukaran sirkulasi udara di dalam kamar,” terangnya saat diwawancarai beritaterkini99 melalui sambungan telepon, Senin (19/11/2018).

Jika kamar atau ruangan tertutup total tanpa ada ventilasi atau akses udara, maka tidak ada sirkulasi oksigen yang masuk. Memakai kipas angin atau tidak, seseorang yang berada dalam ruangan tertutup tanpa akses suplai oksigen bisa berujung fatal.

Selain itu, perlu diperhatikan juga untuk tidak menggunakan kipas angin tanpa diputar atau mengarahkan langsung ke badan. Serta rutin membersihkan bagian baling-baling kipas angin di mana tempat debu berkumpul, karena bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang bila dibiarkan kotor.

Related posts