Lifestyle 

Patut Dicoba, 6 Cara Mengusir Nyamuk Paling Ampuh dengan Bahan Alami

beritaterkini99- Nyamuk menjadi salah satu serangga yang berkeliaran di sekitar kita. Tentu keberadaan nyamuk sangat mengganggu, karena selain membuat tubuh bentol, nyamuk juga bisa menyebabkan sakit demam berdarah.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa nyamuk dapat dengan cepat belajar dan mengingat bau tuan rumah, dan itulah yang membuat sebagian orang lebih disukai daripada yang lain.

Dilansir dari Bright Side, berikut enam cara alami yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari nyamuk tanpa menggunakan bahan-bahan kimia.

1. Tumbuhan Alami

Produk-produk yang dijual di pasaran untuk menyangkal nyamuk cenderung berbahan kimia. Bahan-bahan kimia tersebut sebenarnya bukanlah satu-satunya agen pencegah yang efektif untuk membunuh nyamuk, tumbuhan herbal alami pun juga dapat berfungsi dengan baik dalam membunuh nyamuk.

Tak hanya dapat membantu menangkal nyamuk, tumbuhan herbal alami tersebut juga dapat mempercantik halaman atau kebunmu dengan beberapa tanaman yang bermanfaat. Cara ini akan melindungi diri kamu dan hewan peliharaanmu dari nyamuk pada saat yang bersamaan.

Ada berbagai jenis tumbuhan yang bisa dipilih sebagai penangkal nyamuk, yaitu horsemint, basil, rosemary, bawang putih, catnip, lavender, serai wijen, atau marigold. Pilihan tersebut tergantung dengan seleramu. Ini menjadi salah satu cara alami yang bisa dilakukan untuk melindungimu dari gigitan nyamuk.

 

Semoga dukungan Anda dapat meringankan beban saudara-saudara kita akibat gempa dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah dan menjadi berkah di kemudian hari kelak.

2 dari 6 halaman

2. Gunakan semprotan dari minyak berbahan dasar lavender

Nyamuk sangat benci dengan bau lavender. Kamu dapat membuat semprotan tubuh dengan minyak esensial dari lavender. Dengan hanya menyemprot atau memoleskan beberapa tetes minyak lavender pada bagian kulitmu, nyamuk tak akan menghinggapi tubuhmu.

Obat ini juga sangat sehat untuk tubuhmu dan dapat membantu kulit terhindar dari iritasi dan alergi.

3 dari 6 halaman

3. Lilin Serai

Jika kamu tidak memiliki tanaman serai di rumah atau alergi dengan tanaman tersebut, lilin wangi serai dapat menjadi solusi yang bagus. Serai adalah obat nyamuk alami yang populer yang telah disetujui para peneliti.

Tidak memiliki efek samping, rumah kamu akan berbau segar dan kamu tidak akan terganggu oleh serangga. Bagi mereka yang menyukai barang-barang buatan tangan, Kamu dapat membuat lilin wangi serai dengan minyak.

4 dari 6 halaman

4. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel sangatlah bermanfaat dan multiguna. Kebanyakan orang hendak menyimpan cuka sari apel ini di rumah sebagai bahan masakan. Cuka sari apel ini ternyata dapat digunakan juga sebagai semprotan penolak nyamuk. Kamu juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak wangi serai untuk efek tambahan.

Oleskan semprotan ini di tempat serangga biasanya berkumpul dan nyamuk pun akan enggan untuk kembali datang.

5 dari 6 halaman

5. Air sabun

Jika kamu cenderung sering menghabiskan banyak waktu di halaman rumahmu dengan makan malam keluarga atau hanya membaca buku di luar, letakkanlah piring berisi air sabun di dekatmu duduk.

Setelah beberapa waktu, kamu akan melihat bahwa nyamuk akan tertarik ke air ini dan terperangkap.

6 dari 6 halaman

6. Bawang Putih

Menurut beberapa penelitian, makan bawang putih dapat membantu mengusir nyamuk. Bagi kamu pecinta bawang putih, ini akan menjadi sangat menguntungkan sekaligus obat yang baik bagi tubuh.

Jika kamu tidak menyukai mengonsumsi bawang putih, kamu bisa merebus bawang putih tersebut kemudian air bekas rebusan tersebut dapat di semprotkan di tempat-tempat nyamuk banyak berkumpul.

Related posts