POLITIK 

Prabowo Serahkan Kursi Wagub DKI kepada PKS

beritaterkini99 – Sandiaga Uno resmi mengundurkan diri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta pada (10/8) lalu. Kini, yang menjadi pertanyaan publik, siapa yang kemudian akan mengisi kursi tersebut.

Partai Gerindra sebelumnya dikabarkan akan memberikan kursi itu ke PKS. Hal itu, lantaran sejak awal sudah ada perebutan kursi antara kedua partai tersebut. 

Menanggapi polemik tentang jabatan wakil gubernur DKI, Presiden PKS Sohibul Iman akhirnya membuka suara. Sohibul mengatakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sudah sepakat untuk memberikan jatah kursi wakil gubernur kepada PKS.

1. Prabowo serahkan jatah kursi wagub DKI kepada PKS

Sohibul menjelaskan, terkait posisi wakil gubernur, Prabowo memang sudah berkomitmen untuk memberikannya ke PKS. Dia mengatakan dalam pengusungan pertama, yang boleh mendapatkan kursi wakil gubernur hanya Gerindra.

Namun, karena Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tetap independen dan tidak bergabung dengan partai mana pun, akhirnya Prabowo memberikan jatah kursi wakil gubernur kepada PKS.

“Karena Pak Anies sampai hari ini, dia tetap sebagai orang independen. Nah, Pak Prabowo atas kebijakannya, Beliau mempersilahkan kali ini untuk menjadi wagub adalah PKS,” kata Sohibul di Kantor DPP PAN, Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (23/8).

2. PKS akan ajukan nama setelah Sandiaga resmi mundur

Sohibul mengatakan hingga saat ini PKS belum mengajukan nama karena pengunduran diri Sandiaga belum resmi. Sehingga, secara etika, PKS harus menunggu Sandiaga untuk mundur, baru kemudian bisa mengajukan nama pengganti mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda (Hipmi) tersebut.


“Karena itu, nanti Beliau setelah selesai, baru PKS secara resmi mengajukan calon penggantinya. Ini saya kira etika fatsun politik. Ini harus kita hargai. Jangan terus tergesa-gesa bahwa memang PKS berhak untuk mengajukan itu, tapi kita harus menunggu,” kata Sohibul.

Meski belum mengajukan nama, Sohibul menyebut PKS telah menyiapkan nama-nama kandidat untuk menempati kursi wakil gubernur DKI.

Lalu, siapa saja kader yang akan disodorkan oleh PKS?

“InsyaAllah namanya sudah ada dan pada waktunya Anda akan tahu,” ujarnya.

3. PKS tetep ikuti komitmen Prabowo

Lalu, apa tanggapan Sohibul soal beberapa kader Gerindra yang lebih memilih M. Taufik yang menggantikan Sandi? Ia terlihat santai.

Sohibul mengatakan PKS hanya akan memegang komitmen dari ketua umumnya saja, yaitu Prabowo Subianto.

“Ya bagi kami, tentu yang dipegang (komitmen) adalah pimpinannya. Pak Prabowo menyatakan begitu ya yang kami pegang Pak Prabowo,” kata dia lagi.

Related posts