Lifestyle 

Rengkuh 8 Manfaat Hebat Rutin Makan Belimbing

beritaterkini99-  Belimbing yang dalam bahasa Inggris punya nama star fruit ini mungkin banyak yang tak suka. Namun, jangan sepelekan lho manfaat menyantap belimbing.

Belimbing dikenal sebagai buah yang diyakini bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu, buah berwarna hijau kekuningan ini juga memiliki beberapa manfaat lain bagi tubuh.

1. Mencegah kanker

Para peneliti telah menemukan bukti bahwa belimbing adalah buah dengan khasiat antikanker yang kuat. Buah ini mengandung senyawa polifenol yang mampu melawan efek mutagenik dari radikal bebas dan menyingkirkannya dari tubuh. Dengan demikian tubuh terhindar dari risiko kanker hati.

Selain itu, belimbing juga mengandung sejumlah besar serat yang membantu membersihkan usus besar, sehingga menurunkan risiko kanker usus besar.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kadar vitamin C yang tinggi di dalam buah belimbing menjadikan buah ini baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penyakit yang disebabkan karena virus atau bakteri seperti batuk, demam, dan sakit tenggorokan bisa dicegah dengan mengonsumsi belimbing segar atau jus belimbing secara teratur. Konsumsi buah ini juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih.

3. Menjaga stabilitas tekanan darah

Belimbing mengandung kalium dan natrium yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu dalam menjaga tekanan darah. Tekanan darah yang normal sangat penting untuk menjaga jantung agar berfungsi dengan baik.

2 dari 3 halaman

4. Menurunkan berat badan

 

Buah ini hanya mengandung 31 kalori, jadi tidak akan membahayakan asupan kalori Anda.

Belimbing juga memiliki serat yang dapat membuat perut Anda kenyang lebih lama. Buah ini akan membantu mempercepat metabolisme Anda, sehingga target penurunan berat badan lebih mudah dicapai.

5. Melancarkan pencernaan

Serat sangat penting untuk menjaga saluran pencernaan Anda tetap sehat. Konsumsi buah ini akan merangsang pergerakan tinja melalui saluran pencernaan. Dengan demikian dapat mengurangi sembelit, kram, diare dan kembung.

Selain itu, konsumsi belimbing dapat meningkatkan penyerapan vitamin dan mineral penting lainnya. Belimbing juga memiliki sifat anti-peradangan yang dapat mengobati bisul perut.

6. Menyembuhkan masalah kulit

Belimbing memiliki sifat antimikroba dan sifat antiinflamasi yang dapat mencegah penyakit kulit seperti dermatitis dan eksim. Eksim disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor seperti fungsi abnormal dari sistem kekebalan tubuh, kulit kering dan bakteri pada kulit. Semua ini bisa dicegah dengan memakan belimbing.

 

3 dari 3 halaman

7. Menjaga stabilitas gula darah bagi diabetesi

Belimbing termasuk salah satu buah yang baik untuk penderita diabetes. Kehadiran serat di dalam belimbing akan memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah setelah makanan masuk ke dalam tubuh.

Lebih lanjut, belimbing akan membantu dalam mengontrol kadar insulin dalam tubuh. Dengan kata lain, belimbing cocok dikonsumsi penderita diabetes atau orang-orang yang berisiko terkena penyakit tersebut.

8. Menjaga kulit dan rambut tetap sehat

Belimbing memiliki banyak antioksidan seperti senyawa polifenol, asam galat, dan quercetin yang membantu mengatasi efek stres oksidatif dan menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Konsumsi belimbing akan membalikkan proses penuaan kulit. Batang rambut pun jadi lebih lembap, sehat, dan memiliki akar yang kuat.

Itulah beragam khasiat dan manfaat belimbing bagi kesehatan tubuh. Konsumsi buah ini secara teratur, terutama yang sudah matang. Sebab nutrisi dalam buah belimbing matang lebih melimpah.

Related posts