NASIONAL 

Sebagian Warga Padang Gelar Salat Idul Adha Hari Ini

beritaterkini99- Sejumlah warga Padang, Sumatera Barat, merayakan Idul Adha pada Selasa dengan menggelar salat Id. Padahal, pemerintah telah menetapkan Idul Adha 1439 Hijriah jatuh pada Rabu, 22 Agustus 2018.

Di Lapangan UPI YPTK Lubuk Begalung, Padang terlihat ratusan warga melaksanakan salat Idul Adha sejak pukul 07.30 WIB. Diiringi gema takbir, pelaksanaan salat berjalan lancar dilanjutkan dengan pembacaan khotbah.

Tidak hanya di Lapangan UPI, di Masjid Mujahidin Padang Besi, Lubuk Kilangan warga juga telah melaksanakan salat Idul Adha.

Sebelumnya, ratusan jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Padang, juga telah merayakan Idul Adha 10 Zulhijah 1439 Hijriah pada Senin, 20 Agustus 2018 atau lebih awal dua hari dibandingkan ketetapan pemerintah.

Imam besar Tarikat Naqsabandiyah Sumbar Syafri Malin Mudo mengatakan pihaknya punya metode tersendiri dalam menentukan kapan dimulai puasa, Idul Fitri dan Idul Adha.

“Kami menggunakan metode hisab munjid dan rukyatul hilal atau menilik bulan,” ujar Syafri, seperti dikutip dari Antara, Selasa (21/8/2018).

Ia mengatakan, dari metode hisab munjid dan rukyatul hilal, maka Idul Adha tahun ini jatuh pada Senin, 20 Agustus 2018. Usai melaksanakan salat Idul Adha, jemaah Naqsabandiyah menggelar penyembelihan hewan kurban.

Sementara itu, Pemerintah Kota Padang akan melaksanakan salat Idul Adha di Lapangan Imam Bonjol, Padang pada Rabu, 22 Agustus 2018 dengan khatib Dr Syafrudin yang merupakan staf pengajar UIN Imam Bonjol Padang. Salat akan dimulai pukul 06.30 WIB.

Sebelumnya Pemerintah menetapkan tanggal 1 Zulhijah 1439 Hijriah jatuh pada 13 Agustus, sehingga Hari Raya Idul Adha tanggal 10 Zulhijah bertepatan dengan 22 Agustus melalui sidang isbat.

Related posts