OTOMOTIF 

Sudah 8 Bulan Meluncur, Jualan Datsun Cross Masih Jeblok

beritaterkini99 – Lama tak meluncurkan model baru sejak comeback di pasar otomotif Indonesia, Datsun langsung menggebrak dengan model Cross. Kehadiran Cross sekaligus menandai mobil bertransmisi matik Datsun pertama di Indonesia.

Cross juga menawarkan rasa baru. Kalau sebelumnya dua produk andalan Datsun di segmen LCGC yaitu Go Panca dan Go+ Panca bisa, Cross mengisi segmen crossover.

Delapan bulan meluncur, Datsun Cross tak bisa berbicara banyak. Mulai dijual bulan Maret, secara wholesales di bulan pertamanya itu Cross terjual sebanyak ribuan unit yaitu mencapai 2.223 unit. Lima bulan setelah Maret, tak banyak Cross terjual.

Mengutip data distribusi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) secara total hanya 50 unit Cross terjual di seluruh Indonesia dalam periode lima bulan. Pada bulan April Datsun menjual 13 unit Cross, Mei 7 unit, Juni 5 unit, Juli 8 unit, dan Agustus 17 unit.

Sehingga sepanjang Januari (pertama kali diluncurkan) hingga Agustus baru 2.263 Cross yang terjual di Tanah Air.

Datsun sendiri tak ambil pusing dengan penjualan Cross yang tidak gemilang di tahun pertamanya ini. Pihak Datsun menyebut karena Cross merupakan mobil baru maka butuh waktu lebih lama untuk bersaing dengan para rival.

“Kami meluncurkan mobil baru, kami berkompetisi di pasar yang sangat ketat kompetisinya. Ini proses, ini butuh waktu. Sekali lagi, saya bilang kami di sini untuk masa depan,” ucap Global Head of Datsun, Jose Roman Agustus lalu.

Related posts