TEKNOLOGI 

5 Rekomendasi Laptop Terbaik Dengan Sensor Fingerprint Kekinian 2018

Fingerprint menjadi salah satu metode keamanan yang kini sudah mulai digandrungi oleh banyak gadget atau perangkat teknologi. Tidak hanya smartphone saja yang sudah mulai menggunakan fingerprint sebagai metode keamanan, laptop juga sudah mulai menerapkan fitur canggih yang satu ini.

Keberadaan fingerprint secara tidak langsung memang memberi kesan jauh lebih aman terhadap suatu perangkat. Berbeda dengan metode password atau PIN yang masih memungkinkan untuk dibobol oleh orang lain. Nah, di sini penulis akan membagikan beberapa rekomendasi laptop terbaik dengan sensor fingerprint di tahun 2018 ini. Penasaran? yuk langsung simak!

1. ASUS ZenBook UX330U

Jika dibandingkan dengan laptop ASUS lain yang memiliki sensor fingerprint, ZenBook UX330U menjadi salah satu yang paling mahal. Akan tetapi, biaya mahal itu sebanding dengan kualitas dan fitur dari laptop ini yang sangat lengkap. Selain memiliki sensor fingerprint yang sangat akurat dalam mendeteksi sidik jari, laptop ini juga memiliki bobot yang sangat ringan (sekitar 1,2 kg saja). Selain itu, laptop ini juga dibekali Intel Core i5-8250U berkecepatan 3.4GHz, RAM DDR3 sebesar 8GB dan juga media penyimpanan berupa SSD berukuran 256GB.

Untuk sebuah laptop yang lebih ditujukan kepada mereka yang gemar berbisnis, laptop ini juga dibekali dengan baterai berjenis Li-Polymer yang menawarkan daya tahan yang lebih tinggi (sekitar 12 jam pemakaian umum untuk laptop ini). Dengan ukuran layar sebesar 13 inch dan dengan desain yang sangat tipis, laptop yang satu ini sering disebut-sebut sebagai saingan dari MacBook Air milik Apple. Untuk harga sendiri, ASUS ZenBook UX330U dibanderol disekitaran Rp13 juta.

2. Acer Swift 3

“Tipis dan hemat daya”, mungkin dua ungkapan tersebut menjadi yang paling pas untuk menggambarkan apa itu Acer Swift 3. Berbeda dengan pendahulunya, Swift 3 mulai mengadopsi banyak fitur-fitur baru yang membuatnya jadi lebih canggih. Salah satunya adalah sensor fingerprint, prosessor Intel Core-i7 generasi ke-8, dan kartu grafis dari NVIDIA yang sudah menggunakan arsitektur GPU Pascal.

Untuk spesifikasi dibagian lain, laptop ini sudah dibekali dengan RAM DDR3 sebesar 8GB dual-channel dan media penyimpanan berupa SSD sebesar 256GB. Keberadaan SSD pada laptop ini, membuat proses boot yang dilakukannnya menjadi lebih cepat, bahkan dalam hitungan detik saja (berbeda dengan HDD yang butuh waktu dalam hitungan menit). Keseluruhan bodi dari laptop ini terbuat dari logam, yang membuatnya nampak premium alias mahal. Jika kalian penasaran dengan harganya, Acer Swift 3 dibanderol seharga Rp15 juta.

3. ASUS VivoBook F510U

Diantara semua laptop modern dengan sensor fingerprint, ASUS VivoBook F510U menjadi yang paling murah dan wajib untuk dimiliki. Kenapa? sebab, jika dibandingkan dengan laptop lain, VivoBook F510U menawarkan tenaga dan juga fitur yang lengkap dengan harga yang terbilang miring. Di Indonesia sendiri, laptop ini dijual seharga Rp. 9 jutaan saja.

Nah, di sisi spesifikasi, laptop ini dipersenjatai dengan prosessor Intel Core i5-8250U berkecepatan 3.4GHz, RAM DDR4 sebesar 8GB dan juga HDD sebesar 1TB. Untuk urusan gaming mid-end atau daily-use seperti mengetik di Word dan browsing, laptop ini terbilang sangat mumpuni dan terjamin. Terlebih daya tahan baterai dari laptop ini juga cukup awet, dengan perkiraan 7 jam untuk aktivitas ringan dan 5 jam untuk aktivitas berat seperti editing video atau bermain game.

4. Dell XPS 13 9630

Dengan harganya yang dikisaran Rp. 15 juta, Dell XPS 13 9630 menawarkan spesifikasi dan fitur yang tidak jauh berbeda dengan Asus ZenBook UX330U yang sudah dijelaskan diatas. Keduanya memiliki prosessor yang sama yaitu Intel Core i5-8250U dengan kecepatan 3.4GHz dan ukuran RAM yang sama pula yaitu 8GB DDR3L. Perbedaan paling mencolok yang sekaligus menjadi kelemahan dari XPS 13 9630 adalah ukuran media penyimpanannya berupa SSD, yang hanya 128GB saja.

Akan tetapi, laptop yang satu ini memiliki satu kelebihan yang terbilang mampu menutupi segala kekurangannya. Kelebihan tersebut terletak di bagian layar sebesar 13,3 inch miliknya, yang sudah menyematkan fitur touchscreen. Uniknya, meski touchscreen sering disebut-sebut sebagai fitur paling boros baterai, pada faktanya Dell XPS 13 9630 mampu bertahan hingga 10 jam, untuk pemakaian umum.

5. Huawei Matebook X

Meski tidak terlalu dikenal oleh masyarakat luas, Huawei Matebook X pada dasarnya menawarkan desain dan juga kinerja yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Di bagian spesifikasi, laptop yang satu ini sudah dipersenjatai dengan prosessor Intel Core i5-8250U berkecepatan 3,4GHZ, RAM DDR3 sebesar 8GB dan media penyimpanan berupa SSD dengan ukuran yang super besar yaitu 512GB.

Sama seperti ZenBook UX330U diatas, laptop ini juga diklaim menjadi salah satu peniru dari MacBook milik Apple. Selain beberapa spesifikasi yang luar biasa tadi, laptop ini juga memiliki sensor fingerprint yang menawarkan keamanan ekstra. Keseluruhan bodi dari Huawei Matebook X sudah terbuat dari alumunium yang membuatnya menjadi jauh lebih ringan dan juga tipis.

Itulah tadi lima rekomendasi laptop terbaik dengan sensor fingerprint di tahun 2018. Kamu sudah pernah mencoba yang mana? Atau kamu paling ingin memiliki yang mana? Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Related posts