Lifestyle 

7 Manfaat Minum Air Kelapa pada Ibu Hamil, Sudah Tahu?

beritaterkini99- Ibu hamil seringkali disarankan untuk minum air kelapa hijau. Memang air kelapa aman dikonsumsi ibu hamil, asal dikonsumsi secukupnya, ya. Selain itu, air kelapa mengandung banyak vitamin dan mineral alami yang baik untuk tubuh.

Minum air kelapa di trimester pertama bisa bantu mengatasi dehidrasi untuk mengatasi mual (morning sickness). Dikutip dari momjunction.com, air kelapa juga bisa bantu atasi konstipasi dan heartburn. Air kelapa disarankan diminum pada pagi hari saat perut masih kosong agar mudah terserap dan kandungan nutrisinya bisa langsung dioptimalkan oleh tubuh. Ada sedikitnya tujuh manfaat yang bisa didapat ibu hamil saat minum air kelapa, antara lain:

1. Memperlancar buang air kecil

Air kelapa adalah minuman diuretik alami. Dengan minum air kelapa, buang air kecil bisa lebih lancar. Air kelapa mengandung kalium, magnesium, dan mineral yang baik untuk tubuh karena bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Fungsi ginjal pun lebih optimal dan bisa mencegah terjadinya infeksi saluran kandung kemih.

2. Mengatasi sembelit

Perubahan hormon selama kehamilan bisa menyebabkan sejumlah masalah, seperti heartburn, sembelit, dan gangguan pencernaan. Kandungan serat yang kaya pada air kelapa bisa memperkuat sistem pencernaan dan menyeimbangkan kadar pH, sehingga bisa bantu atasi sembelit. Sistem metabolisme tubuh pun akan meningkat dan bisa memperlancar proses detoksifikasi tubuh.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Air kelapa kaya akan vitamin, mineral, dan anti oksidan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga tubuh lebih kebal dari serangan infeksi dan penyakit. Tubuh pun jadi tidak gampang jatuh sakit.

4. Mencegah kelebihan berat badan

Air kelapa bebas lemak dan rendah kalori. Karena saat hamil, berat badan biasanya akan bertambah maka minum air kelapa bisa memberi manfaat yang luar biasa. Minum air kelapa juga bisa bantu mencegah penumpukan lemak dan mengatasi kolesterol jahat.

5. Mengoptimalkan perkembangan janin

Ibu hamil bisa mendapat banyak manfaat kesehatan dari air kelapa yang diminumnya. Hal ini juga bisa mempengaruhi janin dalam kandungan di mana perkembangan dan pertumbuhannya bakal lebih optimal.

6. Menjaga tekanan darah

Kandungan vitamin, protein esensial, dan elektrolit pada air kelapa bisa mengontrol kadar gula darah, tekanan darah, dan memperlancar aliran darah dalam tubuh. Minum segelas air kelapa setiap hari pada trimester akhir bisa sangat baik untuk ibu hamil karena biasanya pada fase ini tekanan darah ibu meningkat akibat stres.

7. Menjaga keseimbangan pH tubuh

Selama hamil, tubuh bisa kehilangan banyak elektrolit karena mual, muntah, hingga diare. Di sini air kelapa bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan elektrolit tubuh. Sehingga keseimbangan pH bisa kembali terjaga. Lima kandungan elektrolit penting, seperti mineral, sodium, kalsium, kalium, dan fosfor yang terkandung dalam air kelapa sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh selama hamil.

Ada banyak sekali manfaat minum air kelapa pada ibu hamil. Air kelapa hijau murni tanpa tambahan pemanis atau pewarna bisa memberi banyak manfaat dan dampak positif bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Tapi tetap perlu diimbangi dengan menjaga pola makan dan pola hidup sehat juga, ya.

Related posts