GAYA HIDUP 

8 Manfaat Kulit Buah Manggis bagi Kesehatan, Mengandung Berbagai Nutrisi

Beritaterkini99-Manfaat kulit buah manggis begitu populer. Sampai sekarang masih banyak orang yang menggunakan manfaat kulit manggis untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Manfaat kulit manggis memang diklaim dapat mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Buah berwarna ungu gelap dengan daging buah berwarna putih ini memiliki rasa masam dan manis yang disukai banyak orang. Ekstrak kulit manggis yang begitu populer ini diolah sebagai obat herbal. Ekstrak kulit manggis ini kaya dengan antioksidan, vitamin, mineral, hingga asam amino.

Manfaat kulit buah manggis ini tentunya dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Zat penting dalam kulit manggis yang membuat buah manggis sangat berharga adalah zat Xanthones. Zat ini bisa menjadi bahan alami dalam mengatasi masalah kesehatan, seperti mencegah diabetes, mencegah kanker, dan melawan radikal bebas.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/9/2019) tentang manfaat kulit buah manggis

2 dari 5 halaman

Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Mencegah Kanker

Manfaat kulit buang manggis yang pertama adalah dapat mencegah risiko kanker. Kulit manggis sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang rentan terhadap kanker, atau mereka yang sudah memiliki kanker. Tingginya antioksidan dalam kulit manggis sangat penting untuk melawan radikal bebas penyebab kanker.

Apalagi dengan adanya zat xanthone, antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis yang dapat mencegah proliferasi sel kanker. Ini akan sangat membantu proses penyembuhan kanker. Namun buka berarti ekstrak kulit manggis dapat membunuh sel kanker sepenuhnya. Kulit manggis dapat dijadikan suplemen makanan disamping pengobatan kanker lainnya tetap dijalani.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat kulit buah manggis selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini berkaitan dengan kemampuan mengendalikan kadar kolesterol pada manggis.

Serat dalam kulit manggis memiliki kemampuan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis berikatan dengan LDL dan trigliserida dalam darah dan mempercepatnya untuk diproses menjadi asam empedu, yang nantinya akan dihilangkan dari tubuh.

Dengan kadar kolesterol seimbang, ini dapat mencegah pembentukan plak di dinding bagian dalam pembuluh darah, sehingga mencegah aterosklerosis. Aterosklerosis diketahui menyebabkan banyak penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi, stroke, dan juga serangan jantung.

3 dari 5 halaman

Menyehatkan Kulit, Tulang, dan Mata

Menyehatkan Kulit

Antioksidan yang tinggi pada kulit manggis sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Antioksidan menghilangkan sel-sel mati dan mendorong proses regenerasi sel-sel baru.

Selain itu, vitamin C dalam kulit manggis dapat mencerahkan kulit kusam dan berminyak. Vitamin C juga mempromosikan pembentukan kolagen, yang dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.

Bahkan, manfaat kulit buah manggis juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi jerawat dan jerawat yang meradang, dan mencegah pembentukan jerawat baru. Kulit manggis memiliki agen anti-mikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Menyehatkan Tulang dan Mata

Manfaat kulit buah manggis selanjutnya adalah menjaga kepadatan tulang, karena kandungan kalsiumnya. Kalsium penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Jika kulit manggis dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja, itu dapat mendukung pertumbuhan tulang yang optimal, membuat anak-anak tumbuh lebih tinggi dengan tulang yang kuat.

Selain itu, kulit manggis juga mengandung vitamin A, yang sangat baik untuk kesehatan penglihatan. Vitamin A dapat melindungi retina dan mempertajam penglihatan, dan mencegah xerophtalmia atau kurangnya penglihatan dalam cahaya redup/gelap.

 

4 dari 5 halaman

Mengontrol Gula Darah dan Membuang Racun

Mengontrol Gula Darah

Kulit manggis memiliki kalori yang sangat sedikit. Ini membuat manfaat kulit buah manggis juga sangat aman bagi penderita diabetes. Kulit manggis juga mengandung serat yang membantu menjaga gula darah dalam tingkat normal, dengan mengikat gula berlebihan di usus dan mencegahnya diserap ke dalam darah.

Namun, perlu diingat bahwa cara terbaik untuk mengendalikan diabetes adalah menjaga hidup sehat, seperti makan makanan sehat dan aktivitas fisik teratur.

Membuang Racun dalam Tubuh

Antioksidan dalam kulit manggis dapat mengikat dengan racun dan senyawa kimia yang masuk ke dalam tubuh dari polusi udara, rokok, makanan yang terkontaminasi dan radiasi. Zat berbahaya ini nantinya akan dihilangkan dari tubuh dengan air seni.

Jika zat-zat itu masuk ke usus, antioksidan di kulit manggis akan melindungi lapisan lendir usus sehingga lapisan lendir tidak akan bersentuhan langsung dengan racun. Proses ini juga bisa mencegah pembentukan kanker usus besar.

5 dari 5 halaman

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Anti Alergi

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kulit manggis mengandung vitamin C yang memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C mengaktifkan sistem kekebalan tubuh kapan saja tubuh bertemu dengan agen infeksi, sehingga seseorang tidak akan mudah sakit.

Kulit manggis juga baik untuk dikonsumsi oleh orang sakit. Salah satu manfaat kesehatan kulit manggis adalah mempercepat proses penyembuhan.

Kulit manggis juga memiliki sifat anti-mikroba yang sangat efektif terhadap Staphylococcus aureus. Ini membuat kulit manggis bagus untuk dikonsumsi oleh orang-orang dengan kekebalan rendah, seperti pasien tuberkulosis dan HIV / AIDS.

Anti Alergi dan Anti Inflamasi

Selain itu, Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa manfaat kulit buah manggis memiliki zat anti alergi dan anti inflamasi. Kandungan pada kulit manggis dapat memperbanyak zat prostaglandin, dan khasiatnya terbukti ampuh untuk menghambat kadar histamin dalam tubuh.

Manfaat dari prostaglandin sebetulnya berguna dalam meredakan peradangan atau anti inflamasi, yang mana keduanya berkaitan dengan penyebab seseorang dapat mudah terkena alergi.

Related posts