Fashion 

9 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Cepat Menggunakan Jeruk Nipis

beritaterkini99- Banyak orang yang mengira, bahwa hanya jerawat dan bekasnya saja yang bisa mengganggu penampilan wajah. Padahal, sebenarnya ada beberapa masalah lainnya yang bisa muncul pada wajah, misalnya jerawat, bekas jerawat, wajah kusam, minyak berlebih, serta masih banyak yang lainnya. Salah satu masalah yang seringkali terjadi pada banyak orang adalah komedo. Komedo kadang membuat orang merasa tidak nyaman. Komedo pada wajah, walaupun sepele dapat membuat orang menjadi tidak percaya diri. Nggak heran, banyak orang yang melakukan banyak cara menghilangkan komedo.

Walaupun lebih kecil dari jerawat, komedo ini cukup sulit untuk dihilangkan. Apalagi tempatnya “ngumpet” di sela pori-pori kulit. Komedo adalah sebuah benjolan (papula) kecil yang terdapat pada permukaan kulit. Perlu Anda ketahui bahwa komedo termasuk dalam jenis jerawat, namun jenis yang ringan. Selain terdapat di wajah, komedo juga bisa timbul pada bahu, punggung, lengan, leher dan dada. Penyebab timbulnya komedo karena sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel rambut. Komedo tampak hitam disebabkan karena kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara.

Faktor munculnya komedo :

– Menggunakan produk kecantikan dengan bahan kimia yang berbahaya

– Perubahan hormon sehingga produksi minyak bertambah.

– Berkembangnya bakteri propioni bacterium acnes pada permukaan kulit secara tidak terkendali.

– Sel kulit mati yang tertimbun di permukaan kulit.

– Kulit yang terlalu kering

Meski kecil, komedo yang dirasa mengganggu penampilan karena sangat jelas terlihat. Beberapa orang pun berusha mengetahui cara menghilangkan komedo yang membandel. Untungnya, saat ini cara menghilangkan komedo sudah cukup beragam.

Ada yang harus mengeluarkan banyak uang, ada juga yang murah dengan menggunakan bahan alami. Salah satu bahan alami yang dipercaya sebagai salah satu cara menghilangkan komedo membandel yang ampuh adalah jeruk nipis. Pasalnya, jeruk nipis mengandung banyak vitamin C dan anti-oksidan. Zat ini akan menjadikan kulit agar tidak berjerawat, mengatasi minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, dan mencerahkan wajah. Karena kemampuannya untuk mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya khasiatnya sebagai cara menghilangkan komedo hitam secara alami.

2 dari 6 halaman

Jeruk nipis dan garam

1. Perasan air jeruk nipis

Cara menghilangkan komedo yang pertama adalah dengan menggunakan perasan air jeruk nipis. Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai cara membersihkan komedo secara alami. Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah lalu diamkan selama 15 menit. 

2. Air jeruk nipis dan garam

Campuran air jeruk nipis dengan garam bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo yang membandel. Kedua bahan yang mudah didapatkan ini ternyata nggak hanya bisa menyedapkan makananmu saja, lho. Tetapi juga bisa membuat kabur komedo-komedo yang membandel. Caranya, peras 2 buah jeruk nipis ke dalam mangkuk kecil. Campur air jeruk nipis dengan 2-3 sendok teh garam. Ambil sedikit campuran tersebut, kira-kira sebanyak 2 ujung ruas jari tanganmu. Usapkan ke bagian hidung yang memiliki komedo. Gosok-gosok sebentar saja dan secara perlahan. Lalu, biarkan mengering, kira-kira 8 – 10 menit. Bilas dengan air dingin. Untuk hasil yang lebih maksimal, ulangi setiap 1-2 kali dalam seminggu.

3 dari 6 halaman

Jeruk nipis, madu dan susu

3. Masker jeruk nipis dan madu

Madu sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk merawat kecantikan. Nah, Anda mengombinasikan jeruk nipis dan madu untuk dibuat masker sebagai cara menghilangkan komedo yang alami. Caranya, potong jeruk nipi menjadi dua bagian dan peras sarinya lalu campur dengan sedikit madu alami. Cuci wajah sampai bersih dan oleskan campuran madu serta jeruk nipis pada wajah dan lakukan pijatan ringan selama 5 menit. Diamkan masker sampai mengering dan bilas dengan air hangat lalu tepuk tepuk dengan handuk untuk mengeringkan. Lakukan perawatan ini secara rutin agar cara menghilangkan komedo ini bisa bekerja secara maksimal.

4. Jeruk nipis dan susu

Sari jeruk nipis dan susu sangat baik untuk memperbaiki kondisi kulit dan dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo sekaligus mengatasi kulit retak karena kering. Caranya, rebus 1 gelas susu lalu campur dengan sari dari satu buah jeruk nipis dan biarkan sampai dingin. Gunakan campuran ini sebagai pengganti sabun dan air selama 2 sampai 3 hari dan bersihkan dengan air hangat.

4 dari 6 halaman

Jeruk nipis, putih telur dan gula pasir

5. Jeruk nipis dan putih telur

Cara menghilangkan komedo selanjutnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis dan putih telur. Putih telur memiliki banyak kandungan bermanfaat untuk kulit seperti mencerahkan, meremajakan, mengurangi minyak berlebih dan menghilangkan kotoran penyumbat kulit. Caranya, campurkan air perasan jeruk nipis dengan putih telur sampai rata. Aplikasikan campuran ini pada wajah khususnya area komedo dan diamkan sampai mengering. Bilas bersih dengan air dingin dan keringkan.

6. Jeruk Nipis dan gula pasir

Gula pasir sudah sejak lama digunkan sebagai scrub alami yang bisa membantu mengangkat penumpukkan sel kulit mati dan kotoran penyumbat pori. Nah, kombinasi jeruk nipis dan gula pasir dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo secara alami. Caranya, campurkan satu sendok makan air perasan jeruk nipis dengan 1 sendok makan gula pasir. Aduk rata dan oleskan pada wajah sambil digosok secara lembut. Diamkan sampai mengering lalu bilas dengan air dingin sampai bersih dan keringkan. Untuk hasil yang optimal, lakukan perawatan ini secara rutin.

5 dari 6 halaman

Jeruk nipis, olive oil dan pasta gigi

7. Jeruk Nipis dan olive oil

Kombinasi jeruk nipis dan olive oil tidak hanya baik untuk membersihkan jerawat dan komedo, namun juga akan menjaga keelastisitasan kulit, meremajakan dan mengatasi kulit kering atau retak. Cara menghilangkan komedo dengan dua bahan ini adalah, pertama campurkan air perasan jeruk nipis dengan olive oil sampai rata. Oleskan campuran ini pada wajah secara merata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Bilas bersih dengan air dingin dan lakukan secara teratur minimal 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

8. Jeruk nipis dan pasta gigi

Gabungan jeruk nipis dan pasta gigi sangat baik untuk mengangkat komedo dan kotoran penyumbat pori. Sedangkan kandungan vitamin C berkhasiat untuk mengecilkan pori, mengurangi minyak berlebih sekaligus mencerahkan kulit. Caranya, campur 1 sendok air perasan jeruk nipis dengan pasta gigi dan aduk sampai rata. Oleskan campuran ini pada hidung yang terdapat komedo dan diamkan selama 15 menit. Lakukan pijatan lembut kemudian bilas bersih dengan air dan keringkan. Lakukan perawatan ini sebagai cara menghilangkan komedo secara alami.

6 dari 6 halaman

9. Jeruk nipis dan air mawar

Gabungan air perasan jeruk nipis dan juga air mawar juga menjadi cara menghilangkan komedo yang cukup ampuh. Selain membasmi komedo, campuran ini juga akan memberikan kesegaran pada kulit karena kandungan alami yang terdapat di dalam air mawar.

Caranya, campur beberapa tetes air mawar dan air perasan jeruk nipis dan aduk sampai rata. Rendam kapas dalam campuran ini dan oleskan di area hidung yang penuh dengan komedo. Diamkan selama 3 sampai 4 menit dan bilas sampai bersih dengan air dingin.

Related posts