SEPAKBOLA 

Ajax Tepis Rumor Kiper Muda Andre Onana ke Barcelona

Beritaterkini99 – Ajax Amsterdam baru-baru ini mendapatkan sorotan menyusul penampilan apik sejumlah pemain mudanya. Selain Frenkie de Jong dan Matthijs de Ligt, ada juga penjaga gawang Andre Onana.

Andre Onana menjadi salah satu pemain penting dalam skuat Ajax pada musim 2018/19 ini. Pemain berusia 22 tahun tersebut selalu tampil pada 13 laga yang dimainkan oleh Ajax di ajang Eredivisie. Posisinya tak tergantikan.

Catatan Andre Onana pun cukup mentereng. Dari 13 laga yang dia mainkan, gawangnya baru lima kali dibobol oleh lawan. Ajax pun jadi klub dengan pertahanan paling kuat di Eredivisie, selevel dengan PSV Eindhoven yang juga baru kebobolan lima gol.

Penampilan apik Andre Onana pun membuat banyak klub tertarik untuk membelinya. Salah satu klub yang tertarik untuk membeli jebolan Samuel Eto’o Academy tersebut adalah raksasa asal Spanyol, Barcelona.

1 dari 2

Ajax Belum Ingin Melepasnya

Barcelona berniat untuk membeli Andre Onana dan menjadikannya sebagai pengganti Jesper Cillesen yang ingin bermain secara reguler. Tapi, keinginan Barca tersebut segera ditepis oleh CEO Ajax, Edin van der Sar, yang juga eks kiper timnas Belanda.

“Saya pikir selama ini memang selalu ada rumor tentang pemain dari Ajax,” ucap Van der Sar dikutip dari Goal International.

“Kami mengembangkan pemain hebat, tidak hanya di Amsterdam, tetapi juga mudah-mudahan di Cape Town [Afrika Selatan] dan ada banyak yang tertarik dengan pemain kami. Tapi, kami ingin mempertahankannya selama mungkin,” kata eks penjaga gawang Manchester United.

“Saya rasa Andre Onana adalah pemain yang fantastis,” tandas Van der Sar.

2 dari 2

Perkembangan Pesat

Andre Onana, setelah belajar di Samuel Eto’o Academy, pernah mencoba peruntungan di La Masia pada 2010-2015. Andre Onana lantas jadi pilihan utama di bawah mistar Ajax sejak musim 2016/17, setelah dua musim ditempa di tim junior Ajax.

“Dia datang ke Ajax saat berusia 18 atau 19 tahun. Cara dia mengembangkan kemampuan yang sudah dia miliki secara alami, kecepatan dan reaksi saya pikir akan membuatnya jadi pemain hebat. Dia terbukti sangat penting bagi tim ini,” tutup Van der Sar.

 

Related posts