POLITIK 

Bagi IHPS 8.617 Hektare, Jokowi Pesan Lahan Ditanami Komoditi Unggulan

beritaterkini99- Presiden Jokowi membagikan surat keputusan (SK) Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) serta SK Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) sebanyak 8.617 hektare kepada 5.459 kepala keluarga (KK) di Kompleks Tahura, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (11/11/2018).

Ia berpesan kepada masyarakat yang memperoleh SK IPHPS dan SK Kulin KK agar memanfaat lahan yang sudah diberikan dengan baik. Salah satu caranya memanfaatkan lahan dengan menanam kopi unggulan.

“Seperti tadi pak Gubernur (Jabar Ridwan Kamil) sampaikan fokus pada produk-produk unggulan kopi. Kopi di Jabar ini dijual mahal kalau diekspor keluar negeri,” kata Jokowi saat memberikan sambutan.

Selain kopi, Jokowi juga mempersilakan petani untuk menanam buah-buahan atau tanaman lain yang menguntungkan. Namun, mantan Gubernur DKI ini mengingatkan agar penanaman buah dan tanaman memperhatikan kondisi cuaca.

“Pilihlah sekali lagi produk-produk unggulan yang ada di sini yang cocok dengan iklim dan cuaca yang ada,” pesannya.

2 dari 2 halaman

Lebih Produktif

Jokowi menegaskan, pemerintah memberikan izin pemanfaatan hutan untuk jangka waktu 35 tahun. Karena itu, Kepala Negara berharap para petani bisa hidup lebih produktif karena sudah punya pegangan.

Saat membagikan SK IPHPS dan SK Kulin KK, Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno.

Related posts