EKONOMI 

Beda Rupiah Saat 1998 dengan 2018

beritaterkini99 – Rupiah kian melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dan menembus 14.900 per dolar AS pada Selasa sore, 4 September 2018. Merujuk data Bloomberg, rupiah berada di kisaran 14.935 per dolar AS.

Sejumlah kalangan pun bertanya-tanya mengenai melemahnya rupiah. Michael Wattimena, misalnya. Anggota Fraksi Partai Demokrat menyampaikan pemikirannya mengenai kondisi rupiah saat ini.

“Indonesia ini adalah negara yang besar, kita punya pengalaman yang pahit pada tahun 1998 di mana Indonesia pernah mengalami krisis ekonomi,” ujar dia.

Seperti apa perbandingan kondisi perekonomian pada 2018 dan 1998, terutama bila dikaitkan pergerakan kurs rupiah, UMP rata-rata nasional, harga beras, dan pertumbuhan ekonomi? Simak Infografis berikut ini:

1 dari 2 halaman

Upaya Rupiah Stabil

Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres) mengatakan untuk menstabilkan nilai tukar rupiah pemerintah akan mengurangi defisit neraca perdagangan dengan cara meningkatkan ekspor dan mengurangi impor yang tidak perlu.

“Kita semua sebangsa berusaha agar rupiah tetap dalam nilai yang wajar, tentu utamanya kita mengurangi defisit perdagangan dengan cara meningkatkan ekspor dan mengurangi impor yang tidak perlu,” kata JK di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa, 4 September 2018.

Related posts