Fashion 

Cara Merawat Hijab Voile Agar Tak Mudah Rusak

beritaterkini99 – Hijab berbahan voile jadi favorit para hijabers. Bahan voile memiliki tekstur yang lembut, ketebalan yang pas, juga ringan dipakai. Tak heran, jika bahan ini ‘naik daun’ di kalangan hijabers.

Kamu punya banyak koleksi hijab voile juga? Jangan hanya mengoleksi, tapi hijab voile juga harus dirawat agar awet dan tak mudah rusak. Bagaimana cara merawatnya? Simak tips berikut ini.

1. Cuci dengan tangan

Mencuci dengan tangan jauh lebih baik daripada mesin cuci. Jangan kucek hijab terlalu keras, cukup bilas dengan lembut. Apalagi jika hijab tidak kotor. Meski tak mudah berbulu, hijab voile tetap lebih baik dicuci dengan tangan.

2. Hindari sinar matahari langsung saat menjemur

Setiap hijab voile memiliki kualitas warna yang berbeda. Khususnya hijab voile motif, tak semua warna hasil print ataus sublime berkualitas baik. Untuk menjaganya, hindari sinar matahari langsung saat menjemur.

Cara Merawat Hijab Voile Agar Tak Mudah Rusak
Cara merawat hijab voile. Foto: Instagram/MadebyDama

3. Menyetrika dengan suhu sedang

Menyetrika dengan suhu terlalu tinggi juga bisa merusak kualitas kain dan warnanya. Voile bukan termasuk jenis kain yang mudal lecek, cukup setrika dengan suhu rendah hingga sedang saja.

4. Menggunakan sampo untuk mencuci

Agar serat kain tetap bagus dan lembut, gunakan shampo untuk mencuri hijab voile. Pemakaian deterjen yang keras tak dianjurkan untuk mencuci hijab voile. Sampo akan membantu meluruhkan minyak dan noda, tapi tetap bersifat lembut.

5. Mencuci sebelum menjahit

Tips terakhir ini khusus untuk Anda yang menjual hijab voile, atau membeli bahan voile sendiri. Sebaiknya cuci hijab voile sebelum menjahit. Kain voile juga bisa menyusut ukurannya setelah dicuci.

Related posts