TEKNOLOGI 

Dijual Rp 4 Jutaan, Pocophone F1 Bakal Jadi Smartphone Gaib?

beritaterkini99- Xiaomi memboyong flagship smartphone terbarunya dari sub-brand Poco, yakni Pocophone F1.

Smartphone ini hadir dengan otak premium yakni Snapdragon 845, serta RAM 6GB, dan opsi memori internal 64GB dan 128GB. Smartphone kelas gahar ini dibanderol dengan harga yang paling murah di kelasnya, yakni mulai dari Rp 4,499 jutaan.

Mengingat animo Mi Fans yang begitu tinggi untuk perangkat terbaru Xiaomi, apakah nantinya perangkat ini bakal jadi smartphone gaib?

Head of Poco, Alvin Tse mengatakan, sebagai sub-brand Xiaomi, Pocophone berada di bawah naungan Xiaomi, termasuk untuk dukungan produksi dan after sales service-nya.

“Beruntung, Xiaomi telah memiliki inisiatif ‘Kami Buatan Indonesia’ artinya semua smartphone dirakit di pabrik Indonesia dan terima kasih pada Steven Shi yang bekerja keras agar produksi smartphone Xiaomi memenuhi demand,” kata Alvin usai peluncuran Pocophone F1 di Indonesia, Senin (27/8/2018).

Alvin juga mengatakan, dengan inisiatif ‘Kami Buatan Indonesia’, dia pun berharap agar permintaan konsumen akan smartphone Pocophone bisa dipenuhi dengan baik.

Ia menambahkan, sebagai pasar terbesar Xiaomi setelah India, barang black market menjadi salah satu tantangan yang harus diatasi.

 

1 dari 3 halaman

Berusaha Keras Penuhi Permintaan

“Penting buat brand smartphone seperti kita untuk bisa meningkatkan produk buatan Indonesia. Untuk menekel isu ini, kami berusaha meningkatkan pusat service sehingga orang bisa membeli langsung dari toko Xiaomi dan partner resmi sehingga mendapatkan benefit lebih,” tuturnya.

Dia mengatakan, baik tim Xiaomi global maupun tim Poco bertanggung jawab untuk kerja keras dan memenuhi permintaan akan produk-produk Xiaomi.

Sekadar diketahui, Pocophone F1 sebelumnya dirilis di India. Hanya selang beberapa hari, Pocophone F1 sudah hadir di Indonesia.

Alvin pun menjanjikan akan menghadirkan banyak smartphone Pocophone untuk pengguna di Indonesia.

“Kami tidak bisa bilang membawa berapa banyak, tetapi beberapa waktu sebelum diluncurkan, kami sudah menyiapkan banyak. Kami berusaha membawa lebih banyak produk (untuk dirakit dan dijual) ke Indonesia,” ujarnya.

 

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Pocophone F1

Secara spesifikasi, Pocophone F1 dibekali otak prosesor Snapdragon 845 dari Qualcomm. Diketahui, hanya flagship smartphone dari merek-merek terkemuka yang menggunakan prosesor ini. Sebut saja Asus Zenfone 5Z, Oppo Find X, dan Galaxy Note 9, Galaxy S9, dan Galaxy S9 Plus untuk beberapa pasar di luar Indonesia.

Di Indonesia, Pocophone F1 dibekali RAM 6GB dan opsi memori internal 64GB dan 128GB yang bisa diperluas hingga 256GB dengan kartu microSD.

Pocophone F1 dibekali baterai berkapasitas 4.000mAh dan dukungan pengisian baterai cepat Quick Charge 3.0. Soal layar, Pocophone F1 memiliki layar seluas 6,18 inci dengan resolusi 1.080 x 2.246 piksel.

Pocophone F1 juga memiliki kamera ganda 12MP (sensor Sony IMX363) dan 5MP (sensor Samsung) serta kamera selfie 20MP. Kamera Pocophone F1 dibekali teknologi AI yang disempurnakan sehingga membuat hasil foto smartphone ini berwarna dan tajam, termasuk hasil foto selfie yang dilengkapi teknologi AI Beautify.

Tidak hanya itu, smartphone yang punya notch ini juga dilengkapi sensor IR Face Unlock. Berkat teknologi IR Face Unlock ini, pengguna bisa membuka layar smartphone dengan aman, meski dalam kondisi gelap sekali pun.

Lebih lanjut, Pocophone F1 hadir dengan OS Android 8.1 Oreo, tetapi akan mendapatkan pembaruan ke Android Pie pada kuartal IV 2018.

Sama seperti smartphone Xiaomi lain, juga terdapat antarmuka bawaan MIUI. Bedanya, MIUI khusus Pocophone didesain khusus untuk smartphone tersebut.

Misalnya saja aplikasi bisa dikelompokkan sesuai kategori, warna ikon, hingga bisa menyembunyikan ikon aplikasi tertentu dari layar.

Related posts