NASIONAL 

Foto Keluarga Bercadar Viral, Wiranto Cerita Anaknya Dituduh Radikal

beritaterkini99 – Menko Polhukam Wiranto buka suara soal foto viral keluarganya yang bercadar saat pemakakaman cucunya, Ahmad Daniyal Al Fatih. Dia juga bercerita tentang almarhum anaknya, Zainal Nurizky yang meninggal di Afrika Selatan beberapa tahun lalu.

Kenangan tentang almarhum Zainal Nurizky ini disampaikan Wiranto di awal tulisan ‘Penjelasan Wiranto Terkait dengan Viralnya Foto Keluarga’. Pihak Kemenko Polhukam menyebut pernyataan tertulis itu berasal dari tim media Wiranto.

“Beberapa tahun yang lalu, di saat anak saya Zainal Nurizky (alm) meninggal dunia pada saat belajar Al Qur’an di Afrika Selatan, ada sebagian orang mengatakan bahwa anak Wiranto menganut Islam radikal, masuk Islam garis keras, kader terorisme dan seterusnya,” kata Wiranto, Senin (19/11/2018).

Wiranto lalu menceritakan awal mula Zainal memilih untuk mendalami Alquran. Almarhum Zainal awalnya minta izin untuk keluar dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Wiranto mengatakan anaknya itu prihatin melihat perilaku sebagian generasi muda yang punya kepribadian tidak terpuji.

“Dia mendalami Alquran untuk memantapkan akhlak dan moralnya sebagai basis pengabdiannya ke depan nanti sebagai generasi penerus. Lewat internet, dia memilih tempat belajar Alquran yang bebas politik,” kisahnya.

Ponpes pilihan Zainal itu ada di Afrika Selatan. “Ponpes yang khusus untuk memantapkan pemahaman Al Qur’an yang mengedepankan persaudaraan dan kedamaian, bukan sekolah teroris,” sambung Wiranto.

Di tengah proses belajarnya itu, Zainal mengembuskan napas terakhir di Afrika Selatan karena sakit. Wiranto mengatakan saat itu banyak yang memfitnah anaknya, namun dia tidak peduli.

“Sayang sekali baru satu tahun belajar dari 7 tahun yang harus dijalaninya, dia meninggal disana karena sakit, di saat membaca ayat-ayat suci. Maka saat ada orang yang mencibir dan memfitnah, sayapun hanya tertawa, karena memang tidak perlu saya layani,” ungkapnya.

Kini, keluarga Wiranto kembali jadi sorotan saat pemakaman cucunya, Ahmad Daniyal Al Fatih. Terkait anaknya yang bercadar dan bersorban, Wiranto mengaku membebaskan anak-anaknya.

“Kamu boleh kenakan baju apa saja, selama kamu merasa nyaman tetapi yang penting janganlah penampilanmu hanya untuk pamer tentang ke-Islamanmu, karena kedalaman agamamu bukan diukur dari pakaianmu atau penampilanmu, tetapi akhlak dan perilakumulah yang lebih utama,” demikian bunyi nasihat Wiranto kepada anakya.

Related posts