GAYA HIDUP 

Manfaat Buah Apel Hijau dan Merah, Baik untuk Kesehatan Tubuh

Beritatrekini99- Pasti kamu sudah tak asing dengan buah apel. Ya, di dunia ini ada 7.500 jenis apel. Beberapa jenis apel yang sering kamu temukan ini adalah apel hijau dan merah. Perbedaan warna pada apel ini ternyata memiliki rasa dan manfaat yang berbeda.

Apel hijau punya kombinasi rasa manis dan asam. Sedangkan apel merah lebih memiliki rasa manis. Perbedaan warna kulit pada apel ini ternyata juga memengaruhi nutrisi di dalamnya, loh.

Memang, sama-sama memiliki kandungan serat dan vitamin C yang cukup banyak, namun ternyata apel merah memiliki kandungan beta-karoten 50 persen lebih banyak daripada apel hijau.

Terlepas dari perbedaan warna dan nutrisinya, sebuah studi yang dilakukan oleh The Florida State University menyebutkan bahwa apel merupakan buah ajaib. Bagaimana tidak, karena buah ini memiliki beragam manfaat menakjubkan untuk tubuh. Dikutip dari Klikdokter, Senin (11/3/2019), ini beberapa keuntungan dari mengonsumsi apel:

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Apel

Meningkatkan Kesehatan Otak

Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan di Experimental Biology and Medicine, quercetin (salah satu antioksidan yang terdapat di dalam apel) dapat mengurangi risiko kematian sel saraf.

Studi lainnya, yang diterbitkan di Journal of Alzheimer’s Disease juga menyatakan bahwa asupan apel secara rutin dapat meningkatkan produksi neurotransmitter asetilkolin di otak sehingga mampu memperbaiki daya ingat dan menurunkan risiko Alzheimer.

Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara memang bisa disebabkan oleh beragam faktor. Namun, berdasarkan Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengonsumsi satu buah apel setiap harinya mampu mencegah kanker payudara.

Selain apel, mengonsumsi buah dan sayuran dengan rutin juga dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Menaikkan Daya Tahan Tubuh

Meskipun kandungan vitamin C pada buah apel tak setinggi jeruk, tetapi apel juga mengandung vitamin C yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh, loh.

Buah apel berukuran sedang saja memiliki kandungan vitamin C sebesar 8 mg yang dimana dapat memenuhi 14 persen kebutuhan harian akan vitamin C kamu.

Menjaga Kesehatan Gigi

Manfaat buah apel lainnya adalah dapat menurunkan risiko gigi berlubang. Ya, saat kamu memakan buah apel, serat yang terkandung di dalamnya dan kandungan antibakteri dalam apel dapat menyingkirkan bakteri dan virus.

Selain itu, makan buah apel juga akan merangsang pengeluaran air liur sehingga mengurangi produksi bakteri di mulut.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Apel Hijau

1. Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang cukup pada buah apel hijau baik untuk kesehatan mata, loh. Kandungan vitamin A-nya yang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit, sangat baik untuk dikonsumsi.

Ya, soalnya mengonsumsi vitamin A secara berlebihan dapat membuat sel-sel di tulang menjadi rusak.

2. Sumber Energi

Saat kamu memiliki aktivitas yang padat, kamu bisa tetap menjaga kebutuhan energi mu dengan mengonsumsi apel hijau ini.

Kandungan vitamin B1 di apel hijau bermanfaat untuk mengubah asupan karbohidrat yang dimakan menjadi energi.

3. Meningkatkan Jaringan Tubuh

Manfaat buah apel hijau lainnya adalah untuk memperbaiki jaringan tubuh. Ya, vitamin C pada apel hijau berguna untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Salah satunya adalah kulit yang mudah rusak, karena gaya hidup serta kondisi lingkungan.

Sementara vitamin E pada apel hijau bermanfaat untuk mempercantik kulit.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Apel Merah

1. Turunkan Risiko Diabetes

Kandungan pektin yang terdapat pada buah apel merah bisa membantu mengatur kadar gula darah. Sebuah studi yang telah dilakukan oleh para peneliti di Amerika Serikat, Inggris, dan Singapura menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi apel tiga kali seminggu, serta buah-buahan lain seperti pir, blueberry, dan anggur, memiliki peluang 7 persen lebih rendah terkena diabetes tipe dua daripada mereka yang tidak mengonsumsi apel.

2. Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

Kandungan quercetin yang ditemukan pada apel merah membantu untuk mencegah pembekuan darah serta mengurangi risiko aterosklerosis (penumpukan plak di arteri yang menyebabkan serangan jantung).

Quercetin juga memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan radang di arteri.

3. Kesehatan Otak

Kaya akan boron, mineral yang dikenal ampuh untuk meningkatkan aktivitas otak. Apel merah mampu meningkatkan transmisi sinyal antara neuron di otak. Kandungan ini juga akan merangsang sel-sel otak yang sangat penting dalam menjaga sistem saraf yang sehat dan aktif.

Tak hanya buah apel, untuk kesehatan otak, kacang juga merupakan makanan untuk otak yang luar biasa. Kamu bisa menambahkan kacang ke dalam salad apel dan dapatkan manfaat yang maksimal untuk meningkatkan daya otak saat mengonsumsi makanan ini.

Related posts