OTOMOTIF 

Mekanik Asal Jambi Sabet Juara Satu Federal Oil Mechanic Contest

beritaterkini99- Untuk kedua kalinya, Federal Oil mengelar Federal Oil Mechanic Contest tahun ini, Rabu (19/9). Acara yang berlangsung di Pullman Hotel, Jakarta tersebut mengajak ratusan mekanik dari berbagai daerah di Indonesia untuk ikut kontes tersebut.

Sebelumnya, pada 2017 Federal Oil telah sukses menggelar program Federal Oil Mechanic Contest yang telah melahirkan sejumlah mekanik – mekanik spesial dan berkualitas dengan kemampuan serta pengetahuan yang memadai seputar penanganan kendaraan bermotor roda dua

Tahun ini, total 800 mekanik ikut serta dalam gelaran tersebut. Lalu disaring menjadi 400 sampai mendapatkan 15 finalis Federal Oil Mechanic Contest untuk diboyong ke Jakarta guna memperebutkan gelar sebagai mekanik terbaik di Indonesia.

Vice President Director PT. Federal Karyatama. Adrian Baskoro mengatakan selama 3 hari para finalis tersebut ditempa untuk mendapatkan pembelajaran mengenai kontes tersebut. Mulai teori, pengukuran sampai problem solving.

“Dalam penilian para peserta mekanik kontes ini, kami menekankan penilian terbesar pada problem solving mengenai kendaraan. Kan kalau konsumen ke bengkel yang mereka mau hanya motornya benar dan tidak rusak,” ujar Vice President Director PT. Federal Karyatama. Adrian Baskoro.

Mengenai itu, lanjut Adrian Baskoro salah satu cara untuk memberikan solusi kepada konsumen ialah penggunaan pelumas yang benar sesuai motor.

Sementara itu, salah satu juri dalam kontes tersebut, President Director PT. Federal Karyatama, Patrick Adhiatmadja mengatakan dengan adanya kontes ini, Federal Oil bisa melihat kemampuan para mekanik serta attitude, pengetahuan dan cara melayani konsumen seperti apa.

“Tidak hanya mengenai masalah teknis saja tetapi tentang melayani pelanggan juga kami nilai dalam kontes ini,” ujar Patrick Adhiatmadja dalam sambutannya.

Mengenai mekanik, lanjut Patrick Adhiatmadja, bahwa mekanik merupakan bagian ekosistem dalam mesin tetapi sering terlupakan.

“Ya ini merupakan wadah bagi mereka dan menjadikan bahwa mereka adalah penting karena mereka mengerti tentang mesin. Saya berharap dengan adanya kontes ini bisa menjadi pengalaman yang luar biasa bagi mereka,” imbuh Patrick.

Pemenang Federal Oil Mechanic Contest 2018

Setelah serangkaian kegiatan pembekalan selama 3 hari, tiba saatnya mengumumkan para pemenang dari Federal Oil Mechanic Contest di Hotel Pullman Central Park, Jakarta.

 

Dari 15 finalis tersebut disaring menjadi 5 finalis yang harus beradu dengan tanya jawab dan melayani konsumen untuk menjadi pemenang.

Akhirnya, dengan skor 725 Toni wakil dari Jambi berhasil menjadi pemenang pertama Federal Oil Mechanic Contest 2018. Disusul Eko Martono asal Jambi dengan skor 679 dan juara ketiga ialah Daryanto wakil Cirebon.

“Hasil ini sempat membuat pertanyaan karena juara 1 dan 2 berasal dari Jambi dan bukan dari pulau Jawa. Namun, dari situ kami menganggap bahwa Jambi dan pulau Sumatera telah mengetahui kemajuan teknologi mesin sepeda motor,” tutur Vice President Director PT. Federal Karyatama. Adrian Baskoro.

Nantinya, pemenang terpilih dari program ini akan mendapatkan hadiah uang tunai, smartphone, serta berkesempatan merasakan langsung pengalaman menjadi mekanik kelas dunia bersama Tim Gresini Racing pada gelaran balap internasional MotoGP 2018 di Sepang, Malaysia.

“Kami berharap program ini tidak hanya memberikan pengenalan dasar bagi para mekanik, namun juga pengetahuan yang lebih dalam lagi seputar mesin dan pelumas. Dimana saat ini pengetahuan mengenai sistem injeksi dan troubleshooting pada kendaraan bermotor roda dua juga sangat diperlukan mengingat maraknya motor injeksi yang beredar di jalan” ungkap Adrian Baskoro.

 

Related posts