OTOMOTIF 

Motor Suzuki Katana Akan Mejeng di Intermot

beritaterkini99- Suzuki dikabarkan akan menghadirkan Suzuki Katana pada gelaran International Motor (Intermot) Fair 2018 yang berlangsung di Cologne, Jerman, Oktober mendatang.

Sebuah teaser telah menyebar di media sosial seperti akun Instagram @suzukibikesuk. Beberapa waktu lalu mereka menyajikan video berdurasi 20 detik. Tak ada sosok motor dalam video itu, Suzuki hanya menampilkan sebuah pedang yang masih ditempa saat proses pengerjaannya. Berlatar suara taiko drum, dan gambar singkat, video tersebut berakhir pada tulisan “Katana” Coming Soon Intermot 2nd Oct.

Tentu saja Katana yang dimaksud adalah motor, bukan mobil. Sebab Intermot memang hajatan akbarnya kendaraan roda dua. Dan nama Katana juga sejatinya bukanlah aksara baru bagi merek itu di dunia kuda besi. Namun, jika Anda baru mengenal otomotif, tentu nama Katana tentu akan diidentikkan pada mobil SUV kompak yang pernah populer di tanah air.

Dilansir dari RideApart, Senin (10/9), Suzuki Katana roda dua telah sejak lama menghilang dari pasar. Ia terakhir beredar satu dekade yang lalu. Nama ini pertama kali muncul pada akhir tahun 70-an, dengan sentuhan desain Jerman, sebelum akhirnya menjadi sebutannya berganti menjadi GSX-R 600 dan 1000.

Desain Suzuki Katana sendiri awalnya dibuat oleh Target Design Jerman pada 1979-1980, yang sempat dianggap tampilannya tidak seperti sepeda motor Jepang pada umumnya. Setelah itu, barulah lahir Suzuki Katana seri GSX1100 berkubikasi mesin 1.100cc, pada tahun 1981. Selain itu, masih ada banyak seri Suzuki Katana yang dipasarkan; GSX1100SE, Suzuki GSX1100SZ, dan Suzuki GSX1100SXZ. Bahkan ada Katana kompak yang menggendong mesin berkapasitas kecil, di bawah 1.000 cc seperti GSX750S3.

 

1 dari 1 halaman

Selanjutnya

Pada tahun-tahun akhirnya beredar ini, model tersebut menjadi identik dengan sportsbike dan posisi duduknya yang rendah membuatnya terkenal mudah dikendarai.

Katana generasi baru, kabarnya mengambil basis GSX-R1000. Desainnya disajikan dengan penampilan yang lebih modern hasil buah karya dari Hans Muth, seorang perancang legendaris yang merupakan mantan kepala desainer BMW.

Isu rilisnya motor Katana anyar sebenarnya sudah menyeruak sejak gelaran EICMA tahun lalu. Pada event itu, Suzuki memamerkan Katana 3.0. Tapi, itu bukanlah desain Suzuki resmi, melainkan motor konsep yang dirancang oleh motociclismo.it, dari Italia dengan basis GSX-S1000.

Melalui teaser yang beredar dari Suzuki baru-baru ini, sejumlah anggapan pun menerka bahwa akan ada sebuah Katana baru dengan tampilan yang serupa. Gayanya diprediksi mengikuti tren sepeda retro modern saat ini seperti Kawasaki Z900RS, BMW R NineT, dan Husqvarna Vitpilen.

Related posts