EKONOMI 

PLN Cari 2.000 Pegawai Baru pada 2019

beritaterkini99 – PT PLN (Persero) mencari 2.000 pegawai baru, untuk perekrutan pegawai pada 2019. Jumlah tersebut sama seperti kuota yang dibuka pada 2018.

Direktur Human Capital Management PLN, Muhamad Ali, mengatakan‎ PLN akan mencari 2.000 ribu pegawai baru pada 2019 karena perseroan membutuhkan tambahan pegawai baru. Meski setiap tahun sebelumnya PLN telah merekrut ribuan orang.

“Tahun depan sama, kami tetap melakukan rekrutmen,” kata Ali, di Pusdiklat PLN, Jakarta, Jumat (26/10/2018).

Ali mengungkapkan, untuk merekrut pegawai baru PLN menggunakan dua metode, pertama melalui job fair dan kedua menjemput bola dengan mendatangi kampus un‎tuk mencari sumber daya manusia yang terbaik.

“Untuk merekrutnya, disamping job fair, mendatangi kampus kami cari talent yang terbaik,” tutur dia.

Ali menuturkan, meski kuota pegawai baru yang dibuka sebanyak 2 ribu orang, tetapi tidak harus seluruh posisi yang tersedia terisi sesuai kuota. Ini sebab PLN mencari pekerja yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Bukan sesuai dengan jumlah yang disediakan.

“Yang dibutuhkan 2 ribuan, tetapi tidak berati harus menerima 2 ribu kalau standar tidak dapat tidak apa-apa, kita tidak mengejar jumlah tapi kualitasnya,” kata dia.

 

 

2 dari 2 halaman

PLN Dorong Pegawainya Berinovasi

Sebelumnya, PT PLN (Persero) mendorong pegawainya menerapkan budaya inovasi dalam seluruh proses bisnis ketenagalistrikan. Untuk memicunya, perusahaan tersebut mengelar lomba‎ Learning, Innovation, Knowledge, & Exhibition (LIKE‎) antar unit dan anak usaha.

Direktur Perencanaan Korporat PLN, Syofvi Felienty Roekman, mengatakan ‎sebagai perusahaan yang memberikan pelayanan ke masyarakat, pegawai PLN dituntut memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan kelistrikan. Sebab itu dibutuhkan inovasi untuk mengatasi dan mengantisipasi permasalahan.

“Semua dituntut untuk berinovasi. Manajemen PLN mendorong semua masalah pekerjaan. Jadi ada manfaat dan nilai tambah buat perusahaan,” kata Syofvi, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Selasa 23 Oktober 2018.

Syofvi menuturkan, hingga 2018, jumlah karya inovasi yang dihasilkan sebanyak 3.702 karya inovasi dari seluruh unit PLN dan anak perusahaan di Indonesia.

Karya inovasi di lingkungan PLN terbagi menjadi lima kategori yaitu Pembangkitan, Transmisi dan Distribusi, Technical Support, Non-Technical Supporting Aplikasi dan Non-Technical Supporting Manajemen.

“Karya inovasi yang sudah berupa prototipe dan siap diproduksi massal berjumlah sekitar 59 karya inovasi,” tutur dia.

Sementara itu, General Manager PLN Pusat Penelitian Dan Pengembangan Ketenagalistrikan (Puslitbang), E. Haryadi, melanjutkan ‎selama tiga hari PLN menggelar LIKE PLN 2018, 23 hingga 25 Oktober 2018, di PLN Kantor Pusat, Jakarta.

Karya inovasi yang diapresiasi 2018 ini berjumlah 439 inovasi, dan pada final nasional esok hari diikuti oleh 50 peserta yaitu terdiri dari 10 peserta pada tiap kategori dari unit PLN di seluruh Indonesia beserta anak perusahaan.

“LIKE PLN ini menjadi ajang paling bergengsi para inovator. Karena menggelar seleksi penghargaan karya inovasi. Ini memicu motivasi pegawai secara terus menerus untuk lebih optimal dalam menjalankan tugasnya,” ujar dia.

Related posts