NASIONAL 

Polemik Eks Koruptor Jadi Caleg, Surya Paloh: Itu Penyakit di Negeri Ini

beritaterkini99 – Bawaslu membolehkan sejumlah mantan narapidana korupsi masuk daftar calon anggota legislatif sementara Pemilu 2019. Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menilai hal itu tak perlu dijadikan polemik yang berlebihan.

“Ya memang ini jadi polemik ya. Jadi itu lah kerja bangsa kita. Hal yang tidak perlu menjadi polemik menjadi polemik, sudah jelas enggak boleh ya enggak boleh kita patuh. Kenapa kita harus pertahankan perkelahian di sana?” kata Surya Paloh dalam acara Orientasi/Pembekalan Caleg DPR RI dari Seluruh Indonesia di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (1/9/2018).

Menurutnya, jika terjadi sesuatu terhadap para caleg mantan narapidana korupsi, maka serahkan saja semuanya pada pengadilan. Terkait KPU dan Bawaslu yang kerap kali mempunyai sikap berbeda, ia berharap ada yang mempunyai sikap sadar diri.

“Ya memang seperti ini yang membuat kita harusnya sadar diri. Seharusnya kita belum bisa sadar diri, sebenarnya kita ini belum bisa mengoptimalkan dan memaparkan arti sistem demokrasi yang begini liberal, yang bebas. Memang masih memerlukan supervisi,” ungkapnya.

Dia menganggap perbedaan antara KPU dan Bawaslu ini menjadi permasalahan. Jika perlu dibuatkan lagi lembaga yang serupa.

“Ya ini masalah kita, ada Bawaslu, ada DKPP, ada KPU, semua kita mau. Kalau kurang lagi lembaga kita bentuk lagi lembaga baru. Nah itu penyakit di negeri ini,” Surya Paloh memungkasi.

 

Related posts