OTOMOTIF 

Rangkul Pabrikan India, Ford Lirik Kembali Pasar Indonesia?

beritaterkini99- PT Ford Motor Indonesia (FMI) secara resmi menghentikan operasinya di Indonesia pada paruh kedua 2016. Keputusan bisnis ini diambil lantaran minimnya penjualan dan belum adanya pabrik perakitan mobil asal Amerika Serikat (AS) tersebut di Indonesia.

Kini, kabarnya Ford akan kembali bersaing di pasar otomotif Indonesia. Tak sendiri, mereka hadir ke Tanah Air bersama pabrikan asal India, Mahindra & Mahindra.

Mengutip dari Economictimes.indiatimes.com, rencana itu sebenarnya adalah keinginan Mahindra. Pasalnya, mereka berencana untuk memperluas pasar ke negara-negara ASEAN, Rusia, dan Afrika Selatan.

Nantinya, Ford akan membantu Mahindra di sektor sumber daya dan layanan purna jual dalam pengembangan pasarnya ke berbagai negara tersebut. Saat ini, perusahaan multinasional yang bermarkas di Mumbai, India, itu tengah berinvestasi mendirikan fasilitas terbarunya di Afrika Selatan.

Sebelumnya, Ford dan Mahindra telah menjalin kolaborasi sejak setahun lalu. Kerja sama itu meliputi sektor produksi, pengembangan teknologi, distribusi, riset mobilitas masa depan, dan mobil listrik.

 

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

Namun, masih belum dipastikan mengenai waktu kehadiran kedua pabrikan tersebut ke Indonesia. Seandainya rencana tersebut benar-benar berjalan, persaingan di pasar otomotif tanah air akan semakin ramai.

Related posts