TEKNOLOGI 

Sebelum Ada Komputer Canggih, 4 Orang Ini Telah Menjadi Hacker Senior

beritaterkini99- Istilah hacker biasanya melekat dengan kejahatan dan komputer. Padahal, pemecahan kode dan jaringan sebenarnya telah ada jauh sebelum era komputer dan internet.

Menariknya, yang diretas oleh hacker zaman dulu justru jaringan telepon, mesin komputer lawas, hingga telegraf. Dilansir dari Listverse, berikut deretan hacker senior tersebut.

1. Peretasan pertama dalam sejarah

Tercatat, orang yang pertama kali melakukan peretasan adalah Nevil Maskleyne. Namanya tercatat dalam sejarah sebagai peretas telegraf pada tahun 1903.

Malahan, hal tersebut terjadi di demonstrasi pertama telegraf oleh sang penemu, Guglielmo Marconi. Dalam presentasi tersebut, Marconi ingin menunjukkan bahwa telegraf nirkabel adalah alat komunikasi yang aman dan mengutamakan privasi antara pengirim dan penerima.

Namun di tengah presentasi tersebut, telegraf Marconi justru menerima pesan berbunyi “Rats” atau pengerat, serta pantun jenaka yag mencolek soal ras dan kebangsaan Marconi yakni Italia.

2. Hacker yang selamatkan ribuan nyawa

Rene Carmille digadang-gadang merupakan hacker baik pertama dalam sejarah. Betapa tidak, ia merupakan bagian dari perlawanan terhadap Nazi di era Perancis saat masih dikuasai Nazi.

Ia sendiri merupakan pakar komputer yang saat itu bentuknya masih begitu besar dan pemrogramannya menggunakan kartu IBM. Saat pemerintah ingin melacak warga Yahudi di Perancis, Rene menawarkan diri jadi operator, meretas data, dan menghapus label Yahudi dari database masyarakat Prancis.

Tapi kebaikan hatinya harus dibayar mahal. Nazi mencium gerak-geriknya, menangkap Rene, dan mengirimnya ke kamp konsentrasi.

2 dari 2 halaman

3. Peretasan jaringan telepon

Joe Engressia yang memiliki julukan Joybubbles dikenal sebagai orang yang bisa meretas jaringan telepon. Pada tahun 50-an, ia melakukan hal tersebut dengan menyiulkan nada yang persis dengna nada sinyal pemograman telepon.

4. Peretasan komputer pertama dalam sejarah

Komputer pertama di dunia yang dilindungi password, juga menjadi yang pertama diretas. Pada tahun 1962, Massachusetts Institute of Technology membuat komputer ber-password dengan embel-embel privasi mahasiswa. Password tersebut dibuat untuk tiap mahasiswa dan hanya bertahan 4 jam tiap hari untuk tiap akun.

Tapi bagi mahasiswa bernama Allan Scherr, limitasi tersebut dirasa terlalu cepat. Ia kemudian membuat kartu IBM yang mampu mengecoh komputer untuk mencetak password dan menggunakannya untuk log-in dengan akun lain ketika waktu habis.

Related posts