TEKNOLOGI 

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J7 Pro, Smartphone Asyik Buat Nge-Vlog

beritaterkini99- Samsung makin meramaikan pasaran ponsel kelas menengah di Indonesia dengan menghadirkan Samsung Galaxy J7 Pro. Samsung Galaxy J7 Pro adalah smartphone lini tengah dari Samsung yang rilis pada Oktober 2017 lalu. Samsung Galaxy J7 Pro hadir di kelas menengah. Oleh sebab itu, jangan heran apabila spesifikasi yang diusungnya masuk ke kelas menengah pula. Harga Samsung J Pro ini pun terbilang cukup bersahabat.

Mengusung tagline “More than Selfie”, Samsung Galaxy J7 Pro berupaya mengusung keunikan berupa spesialisasi perekaman video untuk “vlogging”, ketimbang selfie yang umum dikedepankan ponsel lain. Spesifikasi yang unik ini menjadikan ponsel ini menarik perhatian para pengguna gadget sejak awal dirilis hingga kini. Apalagi seluruh dunia telah mengakui keunggulan produk keluaran Samsung.

Samsung sendiri merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia. Samsung didirikan oleh Lee Byung-chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan. Menariknya, Samsung tak hanya memproduksi smartphone premium seperti Galaxy S series, tapi juga merambah kelas menengah. Komitmen tersebut dibuktikan dengan hadirnya Samsung Galaxy J7 Pro. Menyasar kalangan menengah, harga Samsung J Pro ini terbilang bersahabat di kantong.

Sebelum mengetahui harga Samsung J Pro di pasaran saat ini, yuk cek culu spesifikasi unggulan ponsel ini lewat rangkuman beritaterkini99 berikut ini.

2 dari 6 halaman

Desain

Samsung Galaxy J7 Pro terlihat cantik sebab menggunakan kemasan desain menawan dan kapasitas layar lebih lega ketimbang Galaxy J5 Pro. Samsung Galaxy J7 Pro hadir dengan desain bodi yang membulat di keempat sudutnya, mirip dengan seri Galaxy A (2017). Namun berbeda pada panel belakangnya dimana Galaxy J7 Pro memiliki desain garis antena yang baru. Panel belakangnya dibalut dengan material metal. Bagian bezel atau bingkai terutama di sisi kiri dan kanan layar kini semakin tipis sehingga layar akan terlihat lebih lega karenanya. Desain untuk sudut-sudut perangkat ini sendiri menggunakan 2,5D Glass yang membuat kurva sudut lebih membulat, tidak tajam, tetapi masih cukup ergonomis untuk digenggam. Bodi smartphone ini cukup tipis dengan dimensi 152 x 74 x 7,9 mm, sementara bobotnya 181 gram. Desain tersebut membuat ponsel ini nyaman digenggam.

Pada sisi sebelah kiri perangkat, merupakan lokasi tombol volume, bersama dengan slot untuk SIM1/SIM2 serta microSD card terpisah. Sementara sisi sebelah kanan merupakan lokasi untuk tombol power sekaligus speaker utamanya. Untuk bagian atas, tidak memiliki port apapun karena port untuk USB 2.0, jack audio 3.5mm sekaligus mic receiver semua berlokasi di bagian bawah perangkat. Untuk varian warnanya, smartphone ini hanya memiliki empat varian warna yaitu gold, black, blue dan rose gold.

Salah satu kelebihan yang ditawarkan Samsung pada Galaxy J7 Pro ini adalah panel layar yang digunakan yaitu Super AMOLED dan kedalaman warna 16M yang pastinya akan membuat tampilan warna menjadi lebih cerah dan kontras. Dulu, panel layar ini hanya tersedia untuk smartphone premium milik Samsung. Namun kini, smartphone kelas menengah pun telah menggunakannya.

Keunggulan layar Super AMOLED yaitu mampu menghasilkan tampilan layar yang lebih kontras ketimbang layar IPS LCD. Ukuran layar Galaxy J7 Pro yaitu 5,5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel dan tingkat kerapatan layar mencapai 401 ppi. Rasio layar18:9 pun diusung untuk mempercantik tampilan dan menunjang aktivitas. Mengingat harga Samsung J Pro yang ditujukan untuk kelas menengah, ada kekurangan pada bagian layarnya. Yakni tidak ada proteksi layar Gorilla Glass.

3 dari 6 halaman

Dapur pacu

Pada sektor dapur pacu, smartphone ini memiliki spesifikasi yang sama dengan Samsung Galaxy J7 (2017) yakni menggunakan SoC octa-core buatan dari Samsung sendiri, yaitu Exynos 7870 octa-core 1,6 GHz Cortex-A53. RAM yang dimiliki pun sama, yaitu 3 GB dengan internal storage 32 GB. Jika memori tersebut dirasa kurang, pengguna masih bisa memperluasnya dengan menggunakan kartu MicroSD hingga 256 GB. Sedangkan untuk sistem operasi sudah menggunakan Android 7.0 Nougat. Spesifikasi ini tentu selaras dengan harga Samsung J Pro yang terjangkau.

Untuk menjalankan semua fitur yang ada, Samsung membekali smartphone ini dengan baterai berkapasitas 3.600 mAh. Plus juga dilengkapi dengan mode hemat baterai canggih yang memantau penggunaan baterai latar belakang. Serta memiliki opsi untuk menempatkan aplikasi yang tidak terpakai pada mode sleep jika tidak digunakan selama 3 hari. Pada ponsel ini juga dibenamkan pengirit baterai Ultra Power Saving, dan penghemat kuota internet Ultra Data Saving yang diklaim mampu memangkas penggunaan data hingga 50 persen.

Jika baterai sedang low di bawah 20%, pengguna dapat menghemat lagi melalui mode hemat baterai Mid dan Max. Namun sayangnya Samsung tidak membekalinya dengan fitur fast charging. Spesifikasi ini tentu pantas mengingat harga Samsung J Pro ini tak menguras kantong.

4 dari 6 halaman

Kamera

Pada Samsung Galaxy J7 Pro tersemat sensor 13MP tersemat di bagian belakang yang disertai LED Flash, fitur deteksi wajah, geo-tagging, panorama dan HDR. Kamera utama tersebut dibekali dengan aperture cukup besar, yakni f/1.7. Dengan aperture tersebut kemampuan kamera untuk menangkap objek di kondisi minim cahaya makin baik. Kamera itu juga mampu mengambil video Full HD [email protected]

Sementara untuk bagian depan, dibekali sensor 13 MP dengan aperture f/1.9 dan LED flash yang bisa digunakan untuk berselfie ria. Uniknya lagi, kamera depan dibekali dengan lampu flash yang bisa membantu kamu mengambil gambar dalam keadaan gelap. Kamera depan ini juga mampu merekam video di resolusi 1080p. Lensa berbukaan lebar pada kamera depan dan belakang Samsung Galaxy J7 Pro diklaim andal merekam video dalam segala kondisi, termasuk keadaan kurang cahaya alias low-light. Soal banderol dari smartphone yang cocok untuk vlogger ini, harga Samsung J Pro ini dipatok diangka yang cukup terjangkau.

Sama seperti dengan ponsel Samsung kelas flagship, Samsung Galaxy J7 Pro dibekali dengan kemampuan sticker di kameranya. Ada beberapa pilihan menarik nan lucu yang bisa kamu gunakan di kamera tersebut. Menariknya lagi, kemampuan sticker ini mampu mengenali lebih dari satu wajah dalam satu frame.

Selain itu, Samsung Galaxy J7 Pro dianggap sebagai smartphone pertama yang hadir dengan Social Camera. Dengan fitur ini Anda dapat mengklik dan mengirim foto ke kontak favorit Anda dalam sekejap, juga berbagi di platform media sosial seperti Facebook dan Messenger dalam sekejap.

5 dari 6 halaman

Fitur pendukung

Meski harga Samsung J Pro ini lebih murah dibanding ponsel kelas premium, namun sudah dibekali dengan spesifikasi yang cukup canggih. Seperti kebanyakan smartphone Samsung lainnya, Samsung Galaxy J7 Pro ini juga dibekali fingerprint yang diposisikan pada bagian depan bodi dan diintegrasikan dengan tombol Home fisik. Penempatan fingerprint di depan juga menjadi nilai lebih dari Galaxy J7 Pro dimana bakal memudahkan pengguna. Menariknya, kehadiran sensor sidik jari tersebut tidak sebatas fungsi keamanan perangkat akan tetapi juga dapat digunakan memberikan keamanan lebih ketika bertransaksi lewat layanan Samsung Pay.

Smartphone satu ini juga dibekali fitur Always-on Display. Fitur ini menjadi salah satu fitur unggulan dari produk-produk Samsung. Dengan fitur ini, layar akan terus menampilkan jam, tanggal, dan notifikasi.

Fitur bagus lainnya dari Samsung Galaxy J7 Pro adalah slot khusus untuk kartu SIM dan memori SD. Fitur ini memungkinkan pengguna menggunakan kartu 2 kartu SIM dan kartu microSD dengan kapasitas maksimalnya. Samsung Galaxy J7 Pro ini memiliki kelengkapan lain seperti misalnya konektivitas 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac 2.4+5GHz, Bluetooth v4.1, Wi-Fi Direct, ANT+, hingga fitur NFC.

Selain itu, tersedia dukungan untuk USB OTG (on the go) di Galaxy J7 Pro berarti pengguna dapat dengan mudah menghubungkan dan mentransfer data menggunakan USB flash drive melalui kabel OTG.

6 dari 6 halaman

Harga Samsung J Pro

Hadir menyasar pengguna gadget kelas menengah, harga Samsung J Pro ini tergolong ramah di kantong. Apalagi saat ini dengan hadirnya ponsel keluaran Samsung lainnya, harga Samsung J Pro ini mengalami penurunan. Saat ini harga Samsung J Pro baru berkisar di angka Rp 3 jutaan. Jika dirasa budgetnya maish kurang, Anda bisa memboyongnya dengan harga Samsung J Pro bekas yang lebih murah. Harga Samsung J Pro bekas sekitar Rp 2,3 jutaan. Harga Samsung J Pro tersebut bisa berbeda tiap toko dan daerah serta tergantung kondisi ponselnya.

Related posts