POLITIK 

Survei LSI: Jokowi Unggul di NU dan Muhammadiyah, Prabowo di PA 212

beritaterkini99 – Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Ardian Sopa menyatakan pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul tipis atas Prabowo-Sandiaga dalam segmen pemilih umat Islam untuk pengguna media sosial.

Dia menyebut umat Islam yang menggunakan medsos sebesar 90,4 persen dan 45,6 persen memilih Jokowi-Ma’ruf, sedangkan 41,4 persen mendukung Prabowo-Sandiaga.

Sementara itu, lanjut dia, LSI Denny JA juga mengklasifikasi pemilih dari pengguna medsos berdasarkan ormas Islam. Jokowi-Ma’ruf unggul di kalangan ormas Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan bukan bagian ormas mana pun.

Untuk kalangan pengguna medsos NU, Jokowi-Ma’ruf unggul 59 persen dan Prabowo-Sandiaga 36,5 persen, di Muhammadiyah Jokowi-Ma’ruf mendapatkan dukungan 46,6 persen dan Prabowo-Sandiaga 41,1 persen. Sedangkan di segmen bukan oramas mana pun Jokowi-Ma’ruf unggul 48,5 persen dan Prabowo-Sandiaga 38,8 persen.

“Sementara itu Prabowo-Sandi unggul di PA 212 dan ormas lainnya,” ucapnya di Gedung Dua Rajawali, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (5/9/2018).

Pengguna medsos dari kalangan PA 212 yang memilih Prabowo-Sandiaga 72,7 persen, sementara Jokowi-Ma’ruf 27,3 persen. Sementara ormas lainnya, yang memilih Prabowo-Sandiaga 60 persen, sementara Jokowi-Ma’ruf Amin 20 persen.

 

 

1 dari 1 halaman

Kalangan Nonmuslim

Kalangan nonmuslim pengguna medsos sekitar 9,6 persen. Sebesar 72,7 persen, kata Ardian, memilih Jokowi-Ma’ruf dan 21,2 persen memilih Prabowo-Sandiaga.

“Jadi ini pasangan Jokowi-Ma’ruf lebih unggul di semua segmen agama,” kata Ardian.

Related posts