Lifestyle 

Tidak Hanya untuk Memasak, Ini 5 Manfaat Ajaib Bawang Putih untuk Tubuh

Beritaterkini99- Bawang putih menjadi salah satu bumbu yang selalu ada di dapur. Tak hanya membuat masakan lebih sedap, bawang putih juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

Namun, lebih dari itu, bawang pUtih memiliki banyak manfaat pula bagi kecantikan tubuh seperti untuk kulit dan rambut. Berikut deretan manfaat bawang putih yang sangat berguna dan patut kamu tahu.

1. Menurunkan Berat Badan

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan, bawang putih nyatanya berkhasiat membantu menurunkan berat badan. Kandungan Allicin pada bawang putih mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga lemak bisa terbakar lebih cepat. Sementara antioksidan yang juga terkandung dalam bawang putih membantu menghancurkan timbunan lemak.

Kamu bisa mengolahnya menjadi ramuan yang telah dicampurkan dengan madu. Caranya, seduh bawang putih yang telah dimemarkan dengan air hangat. Tambahkan madu dan aduk hingga merata. Minum di pagi hari atau dalam keadaan perut masih kosong.

2 dari 5 halaman

2. Mengatasi Komedo

Komedo menjadi salah satu masalah kecantikan yang sering dialami wanita. Tak banyak yang tahu bahwa nyatanya bawang putih bisa menghilangkannya.

Caranya, haluskan beberapa siung bawang putih. Kemudian oleskan bawang putih pada komedo. Gosok perlahan agar cairan bawang putih meresap. Dengan perlahan bawang putih mampu melembutkan dan mengangkat komedo. Selanjutnya bilas wajah dengan air dingin. Lakukan hal tersebut beberapa kali dalam seminggu.

3 dari 5 halaman

3. Memudarkan Bekas Jerawat

Sebagian besar dari kita tentu memiliki bekas luka pada tubuh. Rupanya sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri pada bawang putih bisa menghilangkan bekas luka. Caranya cukup oleskan langsung ke bekas luka dan diamkan beberapa saat kemudian bilas hingga bersih.

4 dari 5 halaman

4. Menyuburkan Rambut

Selain kecantikan, bawang putih juga bisa membantu mencegah kerontokan dan menyuburkan rambut. Caranya dengan menggunakan parutan bawang putih segar untuk memijat kulit kepala sebelum keramas. Setelah itu, cuci rambut dengan sampo dan bilas seperti biasa.

5 dari 5 halaman

5. Memudarkan Stretchmack

Nutrisi yang terkandung dalam bawang putih mampu memudarkan stretchmark yang sangat mengganggu. Caranya, campurkan sari bawang putih ke minyak zaitun. Kemudian oleskan campuran tersebut ke bagian kulit yang memiliki stretchmark, kemudian pijat lembut beberapa menit. Lakukan perawatan tersebut dengan teratur.

Related posts