POLITIK 

TKN Bubar, Koalisi Pendukung Jokowi-Ma’ruf Buat Forum Silaturahmi

Beritaterkini99 – Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) resmi membubarkan Tim Kampanye Nasiona (TKN), yang telah membantunya memenangkan Pilpres 2019. Setelah dibubarkan, mantan Ketua TKN Erick Thohir dan para sekjen parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK) membentuk forum silaturahmi.

Mantan Wakil Sekretaris TKN KIK Verry Surya Hendrawan mengatakan kesepakatan ini diambil setelah pertemuan para Sekjen Parpol KIK dan Erick Thohir di Hotel Mandarin Jakarta, Jumat 26 Juli 2019 malam. Menurut dia, tak menutup kemungkinan mantan petinggi TKN lainnya juga akan bergabung.

“Tidak menutup kemungkinan bertambah dengan bergabungnya para mantan petinggi TKN lainnya. Pertemuan perdana bahkan telah dihadiri oleh mas Bahlil Lahadalia, Mantan Dir Penggalangan Pemilih Pemula TKN,” ujar Verry di Jakarta, Sabtu (27/7/2019).

Sekjen PKPI itu menjelaskan bahwa forum silaturahmi KIK nantinya akan dijadikan wadah untuk membahas isu-isu politik terkini. Forum silaturahmi KIK ini juga menjadi jembatan penghubung dengan para ketua umum partai politik pendukung pemerintah.

“Forum Silaturahim KIK ini menjadi wahana KIK untuk dapat secara rutin, membahas masalah2 kekinian dan menjadi alternatif Solusi dari kebuntuan-kebuntuan yang mungkin terjadi di masa mendatang, Termasuk tentunya isu-isu Politik. Serta menjadi jembatan penghubung kepada Para Ketua Umum,” jelas dia.

2 dari 2 halaman

Koalisi Tetap Solid

Sebelumnya, Jokowi membubarkan tim kampanyenya yang tergabung dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin di Resto Seribu Rasa, Menteng, Jakarta. Jokowi memastikan, bubarnya TKN tetap membuat tim pemenangannya solid.

“Koalisi tetap rukun-rukun saja, justru lebih solid dari sebelumnya,” ujar Jokowi, Jumat 26 Juli 2019.

Dia mengatakan, hingga saat ini belum membahas mengenai pembentukan kabinet atau siapa saja menteri-menteri baru yang akan mengisi posisi di kabinet kerja jilid II. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku belum membahas mengenai adanya kemukinan adanya penambahan parpol dalam koalisi pendukungnya.

“Sampai saat ini kita belum berbicara mengenai penambahan koalisi, kita partai-partai pendukung kita belum pernah bicara koalisi atau penambahan koalisi,” kata Jokowi.

Koalisi Indonesia Kerja adalah partai yang mengusung pasangan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019. Mereka adalah PDIP, Golkar, Nasdem, PKB, PPP, Hanura, Perindo, PSI, PKPI, ditambah belakangan dengan PBB. Sementara, Tim Kampanye Nasional (TKN) merupakan tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf selama Pilpres 2019.

Related posts