TEKNOLOGI 

Bocor di Internet, Erebus Jadi Kode Nama Konsol PlayStation 5?

beritaterkini99 – Sony terakhir kali meluncurkan konsol gaming-nya, PlayStation 4 (PS4), hampir 4 tahun yang lalu.

Hanya meluncurkan dua versi lain konsol tersebut, PS4 Pro dan PS4 Slim, banyak penggemar setia Sony sudah tidak sabar menunggu kehadiran konsol baru perusahaan.

Kabar kehadiran dan hardware konsol PlayStation 5 (PS5) pun beberapa kali beredar di internet. Kini, informasi terbaru tentang konsol Sony itu muncul kepermukaan.

Dilansir ResetEra via IGN, Jumat (31/8/2018), sebuah daftar backend di Unreal Engine 4 menyebutkan sebuah platform gim bernama “Erebus”.

Seperti yang bisa kamu lihat dari gambar di atas, Erebus tampak bersamaan dengan platform gim lainnya, seperti PS4, Xbox, Switch, dan perangkat mobile.

Lalu apa yang menjadi indikasi Erebus merupakan konsol baru milik Sony dan diduga sebagai PS5?

1 dari 3 halaman

Bocoran Nama Erebus

Informasi, Erebus merupakan dewa kegelapan yang hadir di dalam cerita-cerita mitologi Yunani.

Sebelumnya, Sony memberikan kode nama Orbis (juga dari mitologi Yunani) untuk konsol PS4-nya.

Perusahaan juga ‘meminjam’ nama lain dari cerita mitologi Yunani untuk konsolnya, seperti PS4 Pro (Neo), dan PSVR (Morpheus).

Berkaca dari pengkodean nama tersebut, terbukti jelas bilamana Sony menggunakan Erebus untuk kode nama konsol teranyarnya.

 

2 dari 3 halaman

Sony Pakai Prosesor AMD Zen untuk PlayStation 5

Sony memang belum secara resmi mengonfirmasi kehadiran konsol penerus PlayStation 4 (PS4), yakni PS5.

Meski begitu, tidak adanya kabar resmi hardware atau fitur yang akan Sony hadirkan ke dalam konsol gim tersebut, malah membuat banyak gamer penasaran.

Kabar terkini, PlayStation 5 akan menggunakan prosesor dan GPU (kartu grafis) yang didesain secara khusus oleh AMD, yaitu Zen dan Navi.

Dilansir Forbes, Rabu (20/6/2018), Sony memilih menggunakan prosesor dan kartu grafis baru besutan AMD untuk konsol generasi berikutnya tersebut.

Ini merupakan kedua kalinya Sony dikabarkan bakal menggunakan teknologi hardware terbaru milik AMD.

Kolaborasi Sony dengan AMD untuk GPU Navi memang sudah lama beredar di internet, atau lebih tepatnya semenjak Raja Koduri menjabat sebagai bos Radeon Technologies Group.

Laporan juga tidak menyebutkan secara detail apakah AMD akan merakit system-on-chip (SoC) khusus berbasis chipset Zen atau Sony akan menggunakan komponen lain untuk ‘otak’ konsol PS5 itu.

Related posts