POLITIK 

Kenapa Jokowi Buru-Buru Lantik Agus Gumiwang Jadi Mensos?

beritatrekini99 – Presiden Jokowi melantik Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri sosial, Jumat 24 Agustus 2018. Agus menggantikan Idrus Marham, yang mengundurkan diri dari posisi tersebut.

Jokowi menjelaskan, nama Agus baru diputuskan mengisi kursi Mensos kemarin siang dan buru-buru melantiknya.

Bukan tanpa alasan Jokowi harus segera melantik Agus Gumiwang, dia mengatakan, pengisian jabatan Mensos harus segera dilaksanakan lantaran saat ini Indonesia tengah dilanda masalah penting.

“Yaitu penanganan dampak bencana gempa bumi di Nusa Tenggara Barat. Dan Pak Agus Gumiwang Kartasasmita tentu mampu mengemban tugas penting ini,” tulis Jokowi dalam akun Facebooknya kemarin.

Jokowi pun mengucapkan selamat kepada Agus Gumiwang dan berharap dapat menjalankan tugasnya sebagai Mensos dengan baik.

“Selamat bertugas Pak Agus Gumiwang Kartasasmita!,” kata Jokowi.

Jokowi pun maklum dengan keputusan Idrus Marham yang mengundurkan diri sebagai Mensos dengan tiba-tiba.

“Saya menghargai keinginan Pak Idrus Marham untuk fokus pada permasalahan hukumnya di Komisi Pemberantasan Korupsi,” tulis Jokowi lagi.

1 dari 3 halaman

Alasan Pilih Agus Gumiwang

Jokowi menjelaskan, alasannya memilih Agus Gumiwang sebagai Mensos.

“Pertama kapasitas beliau saya kita kita semua tahu dan beliau di DPP (Golkar) juga berkaitan dengan Kesejahteraan. Saya kira pilihan kita tidak jauh-jauh, tidak meleset,” kata Jokowi di Istana Negara.

Ia meminta langsung Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto agar menugaskan Agus sebagai menteri sosial. Prosesnya begitu cepat hingga Agus resmi dilantik sore ini.

Related posts