TEKNOLOGI 

Sederet Fitur Baru Firefox Android Versi 63

beritatrekini99- Mozilla baru saja merilis versi terbaru browser Firefox  untuk Android, yakni versi 63.

Versi Firefox teranyar kali ini, membawa sejumlah peningkatan dan pembaruan fitur. Apa saja?

Dikutip Phone Arena pada Rabu (24/10/2018). fitur terbaru ini meliputi fitur Picture-in-Picture dan sejumlah peningkatan performa.

Picture-in-Picture sendiri akan memudahkan pengguna melakukan dua aktivitas di dalam satu browser sekaligus, seperti saat sedang menonton video dan ingin beralih ke aplikasi lainnya dari browser.

Seperti diketahui, Firefox versi 63 memang telah diuji secara beta sejak beberapa waktu lalu. Namun kini versi finalnya sudah bisa diunduh langsung via Google Play Store.

Kehadiran fitur baru ditambahkan untuk pengguna Android Beta versi 63 Firefox, akan diuji dalam beberapa waktu dekat.

Adapun fitur lain Firefox versi 63 meliputi opsi unduhan, media playback, pesan lokasi, tab yang disinkronkan, hingga push notifications.

 

2 dari 3 halaman

Fitur Baru Mozilla Firefox Kini Bikin Browser Lebih Ngebut

Mozilla kini menghadirkan fitur baru. Fitur ini, menurut informasi yang beritaterkini99 BGR, telah melalui serangkaian tahapan untuk membuat load situs web menjadi lebih cepat daripada biasanya.

Kehadiran fitur baru tersebut, didasari dari penelitian baru Ghostery, yang menemukan sekitar lebih dari 55 persen pengguna menghabiskan waktu memuat situs web karena aktivitas background yang belum tentu disukai.

Berdasarkan kutipan data Ghostery, salah satu pendekatan yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan kinerja pemuatan halaman.

“Durasi pemuatan halaman yang begitu panjang, ternyata dapat merugikan pengguna di situs web,” tutur Ghostery.

Dampaknya, pihak perusahaan menambahkan fitur baru di Firefox 63 Nightly untuk memblokir pelacak yang memperlambat pemuatan laman. Fitur canggih tersebut bakal melenggang pada bulan ini.

Mozilla berpendapat, sebagian besar browser tidak memberi peluang pada pengguna dalam tingkat privasi. Itu sebabnya, Firefox akan memblokir akses penyimpanan dari konten pelacakan pihak ketiga.

Kendati demikian, fitur ini sudah tersedia bagi pengguna Firefox Nightly, dan Mozilla berharap bisa menghadirkan perlindungan untuk seluruh pengguna Firefox 65.

Mozilla juga melakukan upaya proses pelacakan dengan metode fingerprinting pengguna untuk identifikasi dan mengontrol perangkat mereka.

3 dari 3 halaman

Mozilla Garap Browser Android Baru

Perusahaan di balik browser populer Firefox, Mozilla, tengah menyiapkan produk baru. Mozilla dilaporkan tengah melakukan pengembangan sebuah browser baru dengan kode nama Fenix.

Dilansir Phone Arena, Rabu (11/7/2018), Fenix merupakan browser untuk perangkat berbasis OS Android. Browser ini disebut sebagai proyek yang sangat rahasia.

Sebuah komentar di platform pengembangan software, GitHub, memberikan sedikti gambaran tentang browser tersebut. “Fenix bukan browser Android orang tua Anda,” demikian tulisan yang tercantum di GitHub.

Mozilla diperkirakan akan menjadikan Fenix sebagai browser yang sangat pribadi, sehingga kemungkinan besar memiliki mode inconigto.

Sejauh ini, belum ada bocoran informasi dari Mozilla tentang fitur-fitur yang dimiliki Fenix. Selain itu, informasi tentang waktu peluncurannya pun belum muncul.

Di luar Fenix, Mozilla memiliki beberapa produk di lini browser yakni Firefox, Firefox Focus, Firefox Rocket dan Firefox Klar.

Masing-masing memiliki target pasarnya sendiri dengan Firefox sebagai produk flagship Mozilla. Firefox Focus, misalnya, merupakan browser ringan untuk memberikan pengalaman mobile yang lebih baik.

Related posts