POLITIK 

Survei LSI: Sandiaga Uno Lebih Populer dari Ma’ruf Amin

beritaterkini99 – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terkait elektabilitas berdasarkan tingkat pengenalan dan kesukaan bakal calon wakil presiden (cawapres) KH Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

Dari survei tersebut, peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengatakan, bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno lebih populer dibandingkan Ma’ruf Amin.

“KH Ma’ruf Amin masih kalah populer dibanding Sandiaga Uno. Popularitas Sandiaga telah mencapai 73,9 persen sementara 68,7 persen tingkat kesukaan terhadap Sandiaga juga relatif lebih tinggi,” kata Adjie di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (21/8/2018).

Namun, jika Ma’ruf Amin disandingkan dengan Sandiaga di Pilpres, Ma’ruf unggul sebesar 43,7 persen.

Sedangkan Sandiaga hanya mendapatkan 30,7 persen. Dalam survei LSI di segmen pemilih muslim, Ma’ruf unggul dari Sandiaga dengan 44,70 persen.

Namun, keadaan berbalik, Sandi justru unggul di pemilih nonmuslim dengan 36,6 persen. Tetapi Sandi kalah lagi di segmen pemilih ekonomi, kaum terpelajar, dan milenial.

“Dari segmen gender, KH Ma’ruf unggul telak di pemilih laki-laki, namun hanya unggul tipis dari Sandiaga di pemilih perempuan,” ungkap dia.

Untuk diketahui, survei LSI ini dilakukan dengan metode multistage random sampling pada 1.200 responden sejak 12-19 Agustus 2018. Metode wawancara tatap muka dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Related posts