Fashion 

4 Bahan Alami Ini Ampuh Basmi Kulit Kepala Gatal dan Sering Berketombe

beritaterkini99-Cuaca Indonesia yang panas, bisa bikin kulit kita mudah berkeringat. Kulit rambut kita juga mengalami hal yang sama. Selain bikin lepek dan lengket, kulit kepala yang mudah berkeringat juga mudah muncul ketombe serta gatal.

Untuk mengatasi hal ini ternyata gak cukup hanya dengan keramas pakai sampo saja. Dikutip dari Brightside ini, cara mudah hilangkan gatal dengan bahan-bahan alami.

2 dari 5 halaman

1. Cuka apel

Sampo, kondisoner serta produk rambut lain yang kerap kita gunakan dapat menumpuk residu pada kulit kepala, jika tidak bersih saat dibilas. Tapi kamu bisa menghilangkannya dengan menggunakan cuka apel. Kandungan asam dalam cuka dikenal antibakteri dan antijamur sehingga kulit menjadi sehat dan bersih.

Cukup dengan menuangkan 2-4 sendok teh dalam secangkir air hangat lalu siram ke area kulit kepala. Tunggu beberapa menit lalu siram dengan air bersih, kini rambutmu bebas gatal dan ketombe.

3 dari 5 halaman

2. Lidah buaya

Bahan satu ini memang kerap kali digunakan pada banyak kecantikan. Selain dapat melembabkan kulit, lidah buaya sangat cocok dipakai untuk kulit kepala yang kering dan mudah gatal.

Caranya tuang gel lidah buaya ke area kulit kepala dan tunggu sampai 20 menit. Lalu bilas kepala dengan air hangat. Tidak hanya membuat kulit kepalamu lebih bersih, lidah buaya juga dapat membuat rambutmu sehat dan lebih berkilau.

4 dari 5 halaman

3. Minyak daun teh

Minyak daun teh dikenal sebagai senjata ampuh untuk tuntaskan masalah jerawat. Tapi di sisi lain, minyak teh juga berguna untuk hilangkan minyak berlebih dalam kulit kepala. Kandungan antiinflamasi dan antikuman dalam minyak teh, mampu hilangkan rasa gatal di kepala.

Kamu hanya perlu tuangkan beberapa tetes minyak pohon teh di kulit kepalamu secara rutin atau campurkan minyak ke dalam sampo favoritmu.

5 dari 5 halaman

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa memang sering digunakan tak hanya untuk kesehatan saja tapi juga untuk perawatan tubuh. Jika kamu kerap mengalami kulit kepala gatal, ada baiknya menggunakan minyak kelapa.

Sambil dipijat oleskan minyak kelapa di area kulit selama dua kali dalam seminggu. Kandungan pada minyak kelapa tidak hanya meringankan kulit yang teriritasi. Tapi juga dipercaya dapat menutrisi rambut.

Related posts