Fashion 

6 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam

beritaterkini99- Rambut yang sehat dan indah menjadi salah satu indikator kecantikan para wanita dan tidak bisa dipisahkan dari ritual perawatan kecantikan lainnya. Wajah yang sudah tampak cantik sempurna akan terlihat kurang apabila rambut tidak terawat. Untuk menyempurnakan penampilan rambutnya para wanita seringkali melakukan berbagai perawatan baik yang modern maupun yang tradisional. Hal itu tentu dilakukan untuk menjaga kondisi rambutnya agar tetap indah dan terawa. Begitu juga dengan para pria yang tentunya wajib merawat rambut mereka.

Salah satu masalah rambut paling umum yang dialami sebagian besar orang adalah rambut berketombe. Penyebab kulit kepala terkelupas seperti ketombe bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari gaya hidup sehari-hari yang mungkin kurang memerhatikan kesehatan rambut, atau makanan penyebab ketombe yang dikonsumsi. Cara keramas juga bisa memengaruhi timbulnya ketombe pada kulit kepala . Jika kurang bersih dalam membilas lambut setelah keramas, hal ini bisa membuat sisa shampo yang masih menempel menumpuk bersama kulit mati dan menimbulkan ketombe.

Sering kali ketombe menyebabkan rasa percaya diri menurun karena terlihat mengotori rambut dan jatuh pada pakaian, apalagi ketika memakai pakaian dengan warna yang gelap maka ketombe akan semakin menampakan wujudnya, tentu hal tersebut sangat mengganggu penampilan kita dan menyebabkan rasa tak nyaman pada diri sendiri.

Sejatinya berketombe bukanlah hal baru, ada beberapa cara tradisional yang sampai saat ini dipercaya mampu mengatasi ketombe dengan efektif dan mempunyai risiko lebih rendah jika dibandingkan dengan menggunakan produk perawatan rambut berbahan kimia.

Salah satu cara menghilangkan ketombe dengan alami dan cepat adalah dengan menggunakan garam. Bagaimana caranya? Berikut rangkuman liputan6.com dari berbagai sumber Sabtu (20/10/2018), begini cara menghilangkan ketombe dengan garam.

2 dari 7 halaman

1. Garam dengan minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung banyak vitamin E yang baik untuk pertumbuhan rambut serta kulit kepala. Cara ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menghilangkan ketombe namun tetap ingin memberikan vitamin pada rambut. Caranya mudah saja.

1. Cukup campurkan minyak kelapa dengan garam.

2. Pijat dengan perlahan pada kulit kepala.

3. Diamkan selama beberapa saat4. Bilas menggunakan air bersih atau shampo berbahan dasar ringan untuk menghilangkan sisa minyak dan garam pada kulit kepala.

3 dari 7 halaman

2. Larutan garam

Larutan garam juga dapat menghilangkan ketombe, khususnya jenis ketombe kering. Adapun cara menggunakan larutan garam untuk menghilangkan ketombe yaitu:

1. Siapkan 2-5 sendok makan garam dapur.

2. Larutkan ke dalam air hangat

3. Gosokan larutan garam tersebut ke kulit kepala menggunakan kedua tangan.

4. Diamkan kurang lebih 15 menit sambil memijat perlahan kulit kepala.

5. Basuhlah kulit kepala dengan air untuk menghilangkan sisa-sisa garam dan ketombe hingga bersih.

4 dari 7 halaman

3. Garam dengan air lemon

Dengan mencampurkan garam dengan air perasan lemon mampu mengurangi minyak berlebihan pada kulit kepala dan membunuh bakteri penyebab timbulnya ketombe.

1. Mencampurkan 2 sendok makan garam laut dengan perasan air lemon.

2. Campurkan keduanya hingga merata dengan baik.

3. Pijat kulit kepala menggunakan ramuan ini dan biarkan meresap selama 15 – 20 menit.

4. Cuci bersih seluruh permukaan kulit kepala menggunakan shampo berbahan dasar ringan.

5 dari 7 halaman

4. Garam dengan cuka apel

Kamu dapat membuat scrub berbahan dasar garam dan cuka apel. Dengan perpaduan garam dan cuka apel kulit kepala akan terhindar dari ketombe dan kelembaban kulit kepala juga dapat terjaga, caranya:

1. Kamu cukup hanya mencampurkan sedikit garam dan cuka apel hingga membentuk scrub

2. Gosokkan pada kulit kepala yang berketombe.

3. Lalu diamkan beberapa saat

4. Bilas dengan air bersih

6 dari 7 halaman

5. Garam dan minyak zaitun

Cara menghilangkan ketombe dengan garam, jika kamu memiliki kulit kepala yang kering, kamu bisa mencobanya dengan mencampurkan garam dengan minyak zaitun. Dengan adanya sifat garam yang mampu menyerap minyak dan minyak zaitun yang esensial merupakan kombinasi yang ampuh untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala yang kering. Hal ini dapat dilakukan dengan cara:

1. Mencampurkan 2 sendok makan garam laut dengan seperempat minyak zaitun hangat.

2. Campurkan keduanya hingga merata dengan baik.

3. Pijat kulit kepala menggunakan ramuan ini dan biarkan meresap selama 15 – 20 menit.

4. Cuci bersih seluruh permukaan kulit kepala menggunakan shampo berbahan dasar ringan.

7 dari 7 halaman

6. Garam dengan aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya telah terkenal akan khasiatnya untuk rambut. Mencampurkan aloevera dengan garam, kandungan garam akan menghilangkan ketombe dan minyak lalu aloevera akan melindungi helaian rambut dari efek samping penggunaan garam tersebut. Caranya cukup mudah,

1. kamu hanya perlu menaburkan garam pada batang aloevera

2. Gosokkan secara perlahan pada kulit kepala. Cara ini terbukti ampuh jika dilakukan secara rutin.

Related posts