SELEBRITIS 

Al Dikhawatirkan Stevens Johnson Syndrome, Penyakit Keturunan?

beritaterkini99 – Ahmad Dhani menyebut bahwa putranya, Al Ghazali, memiliki alergi obat yang dikhawatirkan bisa menjurus ke kondisi langka Stevens Johnson Syndrome (SJS). Untuk itu Al diminta agar berhati-hati setelah sebelumnya memaksakan diri membawa mobil, lalu pingsan dalam perjalanan.

“Ya sebenernya dia pergi dalam kondisi tidak sehat, dia lagi sakit, sakitnya itu alergi obat. Saya selalu bilang sama Al untuk fokus sama penyakit itu karena penyakit itu kalau tidak di perhatikan bisa menjurus kepada yang namanya Steven Johnson Syndrome,” kata Dhani, dikutip dari beritaterkini99.

SJS sendiri adalah reaksi langka sistem imun yang biasanya dipicu oleh alergi obat. Gejala awalnya mulai dari demam hingga letih namun lama-lama bisa semakin parah menyerang lapisan kulit dan mukosa.

“Pada SJS umumnya disertai badan padas, kulit beberapa bagian kehitaman dan melepuh, mukosa mata, bibir dan alat kelamin mengelupas seperti luka,” kata spesialis kulit dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK.

Meski SJS bukan penyakit keturunan namun alerginya bisa jadi hal yang diturunkan dari orang tua. Ketika seseorang mengalami SJS menurut dr Darma langkah terbaiknya dengan segera menghentikan konsumsi obat pemicu dan melakukan perawatan kulit.

Bila dilakukan dengan tepat maka SJS bisa sembuh dan tidak akan kembali selama obat pemicunya juga dihindari.

“SJS bukan penyakit kambuh-kambuhan. Dengan menghilangkan obat penyebab dan segera diberikan obat untuk menekan reaksi alergi serta perawatan kulit yang luka maka SJS bisa sembuh sempurna,” pungkas dokter yang sehari-hari praktik di klinik D&I Skin Centre ini.

Related posts