SELEBRITIS 

Ananda Omesh Alami Kerusakan Pita Suara

Beritaterkini99-Presenter Ananda Omesh vakum dari dunia hiburan Tanah Air selama beberapa bulan terakhir. Hal ini pun membuat sahabatnya, Andre Taulany, penasaran dan meminta Omesh menceritakan penyebabnya.

“Kita akan ngobrol tentang Omesh. Kenapa suara dia menghilang, sampai sekitar berapa bulan tidak aktif di dunia entertain. Ceritain dong Mesh, kenapa bisa suara lu hilang. Padahal lu bukan vokalis,” ujar Andre Taulany, dalam tayangan saluran YouTube-nya.

Rupanya, Ananda Omesh divonis menderita vocal abuse pada pita suaranya. Diungkapnya, penyakit tersebut dapat terjadi kepada orang yang selalu menggunakan suara seperti penyanyi, presenter, hingga guru.

“Ini namanya vocal abuse. Jadi, disiksa suaranya. Kalau dalam istilah kedokteran elite vocal user. Itu adalah tingkatan tertinggi pengguna suara seperti host, artis, guru dan penyanyi. Pokoknya yang sering ngomong,” tutur Ananda Omesh.

 

2 dari 4 halaman

Suara Hilang Saat Nge-host

Ananda Omes mengalami kerusakan pada pita suaranya. Bermula ketika suami Dian Ayu ini tengah membawakan sebuah acara dan secara mendadak suaranya menghilang. Omesh pun kontan menangis dan merasa takut untuk kembali ke industri hiburan.

“Yang kejadian sama saya itu pita suaranya rusak. (Terjadi) waktu lagi nge-host ditengah-tengah, segmen dua. Sudah malam juga (saat itu). Lagi ngomong ‘selamat malam, kita bertemu lagi, suara gue mana? Halo, check’ enggak keluar (suaranya),” imbuhnya.

“Dan (saat) itu rasanya hancur. Saya sampai nangis di kamar mandi lokasi syuting. Ya kaget dong suara gue kenapa. Sekarang saya mau syuting lagi jadi takut,” ucap Ananda Omesh.

 

3 dari 4 halaman

Terapi Suara

Sejak dua bulan terakhir, Omesh menjalani pengobatan terapi suara bersama para tunawicara. Di sana, bintang film The Wedding & Bebek Betutu ini kembali belajar berbicara.

“Akhirnya saya berobat di Singapura. Jadi, sekarang saya tiga hari di Singapura, tiga hari di Indonesia. Terus begitu sudah dua bulan ini. Di sana saya sekolah, jadi saya di kelas bareng sama teman-teman tunawicara, kita belajar ngomong,” papar Omesh.

4 dari 4 halaman

Ambil Hikmahnya

Di balik kejadian yang menimpanya, Omesh telah mengambil hikmahnya termasuk untuk senantiasa beryukur.

“Hikmahnya yang pertama saya langsung notice adalah betapa semuanya ini hanya titipan yang harus kita rawat dan betapa kita harus bersyukur,” kata Omesh.

Related posts