Fashion 

Cara buat lipbalm shea butter untuk atasi bibir kering

beritaterkini99- Memiliki penampilan yang paripurna dengan kulit yang sehat adalah dambaan setiap perempuan. Sayang, seakan tak peduli pada usaha kita merawatnnya, kadang ada satu dua kondisi yang membuat penampilan terganggu. Misal saja, bibir kering.

Selain faktor luar seperti cuaca, bibir kering juga bisa timbul karena masalah dari dalam seperti dehidrasi. Dehidrasi mengacaukan keseimbangan mineral alami dalam tubuh, sehingga memberi dampak negatif yang salah satunya tampak pada bibir.

Kebiasaan menggigit atau menjilat bibir juga bisa menyebabkan bibir kering. Meski saat dilakukan rasanya seperti melembapkan, namun ternyata air liur yang berpindah dari mulut ke bibir akan merusak lapisan kulit yang tipis dan kelembapan alaminya.

Konsumsi obat-obatan, alkohol, serta makanan asin dan pedas juga bisa menyebabkan bibir kering. So, menjaga kulit tetap cantik butuh keseimbangan dari luar dan dari dalam. Dari dalam, pastikan asupan makanan yang dikonsumsi selalu sehat dan bergizi seimbang untuk kesehatan. Dari luar, lakukanlah eksfoliasi 2-3 kali dalam seminggu dan rajin pakai lipbalm setiap hari.

 

1 dari 3 halaman

Shea butter bisa jadi pilihan lipbalm alami

Memang, tidak semua merk lipbalm yang dijual di pasaran akan cocok di bibir kita. Untuk itu, cobalah lipbalm yang terbuat dari bahan alami atau racik lipbalm sendiri di rumah.

Salah satu bahan yang bisa dipakai untuk membuat lipbalm alami adalah shea butter.

Shea butter berasal dari pohon shea yang banyak ditemukan di Afrika bagian barat. Buah dari pohon Shea ini diambil bijinya, dibakar, dan digiling sampai teksturnya berubah jadi adonan baru kemudian diekstrak untuk diambil lemak alaminya.

Lemak alami inilah yang membuat shea butter memiliki banyak kandungan sehat yang bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit, termasuk membuat bibir lembap.

2 dari 3 halaman

Cara membuat lipbalm alami dari Shea Butter

Bahan yang diperlukan:

1 sdm parutan beeswax

1 sdm shea butter

3//4 sdm lanolin

1 sdm minyak zaitun

2 panci kecil

1 Gelas takar

1 Wadah lipbalm

 

Cara membuat:

1. Letakkan beeswax dalam gelas takar, dan tempatkan gelas tersebut di dalam panci kecil. Isi panci dengan air setinggi setengah gelas.

2. Panaskan dengan api sedang, biarkan air mendidih dan beeswax meleleh sempurna.

3. Campurkan shea butter dan lanolin di dalam panci kecil lain. Hangatkan di atas api sedang sampai meleleh. Aduk terus selama 2-3 menit

4. Angkat campuran shea butter dan lanolin tadi, tambahkan minyak zaitun dan aduk sampai rata.

5. Tambahkan beeswax yang telah mencair tadi ke campuran shea butter perlahan. Terus aduk dengan kecepatan stabil sampai semua bahan tercampur dengan baik.

6. Setelah jadi, pindahkan shea butter lipbalm tadi ke wadah yang telah disiapkan, diamkan mendingin selama kurang lebih empat jam dalam keadaan terbuka. Setelah itu, baru simpan di tempat yang sejuk dan kering.

Related posts