TEKNOLOGI 

Digores hingga Dibengkokkan, Bagaimana Ketahanan iPhone XS Max?

beritaterkini99- Setelah hadir dan dijual ke publik, iPhone XS dan iPhone XS Max menjadi iPhone yang paling mahal. Ingin membuktikan hal tersebut, iPhone ini pun diuji ketahanannya oleh sejumlah pihak.

Usai dibongkar oleh tim iFixit, kini giliran YouTuber terkemuka Zack Nelson si pemilik channel Jerry Rig Everything, yang melakukan uji ketahanan iPhone XS Max.

Ya, smartphone yang harganya setara dengan Rp 21,5 jutaan di Amerika Serikat (AS) itu diuji ketahanannya dengan serangkaian cara ekstrem. Mulai dari disiksa, digores dengan cutter, dipanaskan layarnya, hingga dibengkokkan untuk membuktikan daya tahannya.

Zack Nelson pun mengunggah pengujian ketahanan iPhone XS Max itu di saluran YouTube-nya, Jerry Rig Everything.

Video yang memperlihatkan dirinya tengah menyiksa iPhone XS Max itu sampai saat ini sudah ditonton hingga 2,1 juta kali.

Lantas, bagaimana ketahanan iPhone XS Max saat disiksa oleh Zack Nelson?

Sebagaimana dikutip beritaterkini99 dari Phone Arena, Selasa (25/9/2018), smartphone berukuran layar 6,5 inci ini tidak terbelah jadi dua seperti iPhone 6 yang diuji beberapa tahun lalu oleh Zack Nelson.

Mulanya, Zack Nelson menggores layar smartphone itu dengan alat khusus untuk menguji ketahanan layar.

Hasilnya layar baru baret pada skala 6 mohs. Zack Nelson selanjutnya menggores sisi kanan, kiri, dan belakang iPhone XS dengan cutter dan alat lainnya.

2 dari 3 halaman

Kover Lensa

Bodi samping iPhone XS Max yang terbuat dari aluminium pun baret-baret saat di-cutter. Demikian juga dengan sejumlah tombol di sisinya.

Beralih ke bodi belakang, Zack Nelson menyoroti kover lensa kamera iPhone XS Max yang terbuat dari material safir.

Menurut Zack Nelson, material safir yang digunakan untuk kover lensa itu bukanlah safir murni.

Pasalnya, saat sebuah jam tangan yang kacanya dibuat dari batu safir murni dites, jam tersebut baru tergores pada skala 8 mohs.

Sementara, kover lensa iPhone XS Max yang diklaim terbuat dari bahan serupa justru langsung baret saat digores dengan kekuatan 6 skala mohs.

3 dari 3 halaman

Dibengkokkan

Berlanjut pada uji kekuatan, Zack Nelson mencoba membengkokkan iPhone XS Max yang terbuat dari material kaca dengan kedua tangannya.

Untungnya, smartphone mahal ini tidak patah ataupun bengkok sedikitpun.

Zack Nelson pun menyebut, “iPhone XS Max lolos uji ketahanan.” Menurutnya, semua tombol terbuat dari logam yang kuat dan keseluruhannya terasa premium, sesuai harganya.

Meski begitu, Zack Nelson menyebut, jangan mengharapkan sesuatu yang inovatif dari iPhone XS Max, kecuali ukurannya yang lebih besar.

Related posts