SEPAKBOLA 

Ernesto Valverde, Pelatih Barcelona yang Juga Merupakan Fotografer Profesional

Beritaterkini99 – Kehidupan pelatih klub sepak bola profesional ternyata tak melulu soal lapangan hijau, ruang ganti, bola, pemain, pertandingan, tim, dan hal-hal lainnya soal si kulit bundar. Buktinya, juru taktik Barcelona, Ernesto Valverde ternyata juga merupakan fotografer andal. Siapa sangka?

Valverde sudah terbukti sebagai salah satu pelatih sukses di Barca. Terakhir, musim 2017/18 lalu, dia sukses membawa Lionel Messi dkk. mengamankan dua gelar juara domestik: La Liga dan Copa del Rey.

Kecerdasan Valverde ternyata tak hanya dia gunakan untuk meramu taktik sepak bola. Sosok 54 tahun ini ternyata menggemari dunia fotografi. Bahkan Valverde sungguh serius mempelajari ilmu potret, bukan sekadar hobi.

Penasaran dengan kegiatan sampingan Valverde? Baca pengakuan selengkapnya di bawah ini:

1 dari 3

Fotografi

Valverde mengaku sudah menggeluti fotografi sejak masih muda. Awalnya memang dia hanya menganggap fotografi sebagai hobi. Namun, pada suatu momen dalam hidupnya, Valverde mulai serius mendalami fotografi dan menjelma jadi profesional.

“Sudah jelas bahwa fotografi adalah cara saya untuk melarikan diri [dari kesibukan di Barca], tetapi itu bukanlah hobi bagi saya, fotografi adalah sesuatu yang sangat serius dalam hidup saya,” ujar Valverde di tribalfootball.

“Ketika saya masih 17 tahun, bermain di Alaves, saya belajar untuk mendapatkan gelar master elektronika, satu pekerjaan yang tak pernah saya praktikkan.”

“Pada saat itu saya suka mengambil gambar lebih sebagai hobi, sampai suatu hari, dengan gaji pertama saya sebagai pesepak bola, saya meminta teman untuk membawa kamera dan Canary Island. Saya mengeluarkan 40.000 pesetas, saya sangat mengingatnya,” lanjut dia.

2 dari 3

Cuci Foto

Cuci Foto
Ernesto Valverde. © AFP

Salah satu momen yang paling digemari Valverde adalah momen mencetak foto. Kala itu fotografi masih konvensional, belum digital, dia harus mencetak foto di ruangan gelap dengan bantuan lampu berwarna merah.

“Momen ketika anda berada di laboratorium dan anda mencium aroma setat, sebuah fiksatif, developer yang anda campur sendiri di rumah…”

“Anda mematikan lampu dan menyalakan bohlam merah, anda menaruh kertas di dalam bak anda anda mulai melihat gambarnya muncul, momen itu luar biasa,” lanjutnya.

3 dari 3

Pelatih dan Fotografer

Valverde tak mau dianggap sebagai fotografer amatiran, sebab dia selalu serius menyelami dunia tersebut. Valverde bahkan tak segan memamerkan hasil kerjanya.

“Saya adalah pelatih sekaligus fotografer. Saya senang mendidik mata saya dengan melihat buku-buku fotografi dan saya mengagumi fotografer yang memiliki kesabaran untuk menunggu cahaya yang bagus dan frame yang sempurna.”

“Saya bekerja lebih cepat dan saya juga tak mau terpaku pada pakem. Saya ingin foto-foto saya tak terlalu ramah, saya ingin hasil pekerjaan saya sedikit berbeda,” tandas Valverde.

Related posts