Lifestyle 

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Sterilisasi Botol Bayi

beritaterkini99– Sterilisasi botol bayi serta peralatan makan milik Si Kecil penting dilakukan. Tujuannya, demi memastikan peralatan makan dan minum Si Kecil bebas dari bakteri yang bisa membuatnya sakit.

Namun, sebelum melakukan sterilisasi, proses pencucian botol bayi dan peralatan makannya juga perlu diperhatikan. Di hadapan puluhan ibu muda di acara Steril Pintar untuk Mom Cerdas yang diadakan Babyologist dan Spectra, dokter Fiona Amelia dari Klikdokter berbagi cara mencuci botol dan alat makan bayi.

Paling tidak, ada lima hal yang harus diperhatikan saat mencuci botol bayi dan peralatan makannya.

1. Setelah digunakan segera cuci

Tak perlu menunggu peralatan makan Si Kecil menumpuk baru dicuci menggunakan sabun khusus. “Dengan segera mencuci berarti tidak memberi kesempatan kuman dan bekteri untuk tumbuh,” kata Fiona.

2. Keringkan dengan handuk bersih

Setelah itu, keringkan alat makan dengan handuk bersih.

 

1 dari 1 halaman

Membersihkan botol bayi

3. Untuk botol susu, pastikkan nipple tidak robek

Saat mencuci botol susu, pastikan nipple (bagian anak menyedot) tidak robek. Jika robek, sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

“Di robekan itu bisa jadi sarang kuman, maka segera ganti nipple yang robek,” saran wanita lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

4. Sikat bagian lubang nipple

Bagian dalam botol susu pasti dicuci bersih, tapi jangan lupakan lubang nipple. Walau amat kecil, saat mencuci bersihkan juga lubang nipple. Kini, sudah ada alat untuk menyikat bagian ini.

5. Bilas bersih

Setelah semuanya dicuci dan disikat, bilas hingga bersih menggunakan air yang mengalir.

Sesudah itu, lanjutkan dengan melakukan sterilisasi. Ada yang menggunakan steam hingga alat sterilisasi dengan sinar UV.

 

 

Related posts