NASIONAL 

Menanti Wajah Baru Alun-Alun Kota Cirebon di Tangan Ridwan Kamil

beritaterkini99- Tingginya potensi pariwisata di Jawa Barat menjadi amunisi bagi Ridwan Kamil untuk menggaet lebih banyak kunjungan wisata.

Berbagai upaya telah dilakukan Pemprov Jabat untuk merevitalisasi potensi pariwisata di Jawa Barat termasuk di Cirebon. Ridwan Kamil mengaku akan revitalisasi kawasan wisata sejarah Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon.

“Visi pertama Provinsi Jawa Barat dalam RPJMD, wajah lima tahun ke depan adalah provinsi pariwisata. Yang punya gunung pantai akan diolah menjadi pariwisata alami, di perkotaan wisata sejarah dan belanja salah satunya Kota Cirebon,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil.

Dia menyebutkan, Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon akan difungsikan menjadi salah satu kunjungan wisata unggulan daerah. Kawasan tersebut akan dibuat semi basemant sehingga dapat memenuhi fungsinya sebagai kawasan parkir, selain destinasi wisata religi.

Dia menjelaskan, dalam penataannya, konsep alun-alun harus multifungsi. Selain digunakan untuk kegiatan upacara, alun-alun juga dapat digunakan kegiatan lain. Maka tak menutup kemungkinan jika kawasan Alun-alun Kota Cirebon diberi rumput sintetis.

“Jadi zona motorik aktif ada, acara istighosah, dan konser, zona teduh atau zona pasif, dan ada faktor sejarah karena di Kejaksan ini sebrangnya pendopo bupati, sebelah kiri masjid dan harus dihormati,” ujar Kang Emil.

Dalam penataan alun-alun tersebut, Pemprov Jabar menganggarkan Rp 15-20 milyar pada 2019. Dalam penataannya, Pemprov Jabar juga akan membuat air mancur kekinian.

“Standar provinsi digital-lah termasuk Kota Cirebon,” pungkas Kang Emil.

2 dari 2 halaman

Tugu Proklamasi Hingga Jalan Siliwangi

Tidak hanya penataan Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon, Ridwan Kamil juga akan menata potensi lain. Seperti Tugu Proklamasi yang berada samping alun-alun Kejaksan Kota Cirebon akan diperbesar.

Penataan Tugu Proklamasi tersebut agar lebih menonjol dan semakin dihormati oleh pengunjung maupun warga sekitar. Di sepanjang jalan Siliwangi Kota Cirebon akan diubah mirip seperti jalan Asia Afrika Bandung.

Pemprov Jabar akan memasang tiang lampu klasik raksasa sehingga pengunjung dapat berkunjung lebih lama di Cirebon.

“Walaupun secara iklim berbeda kalau di Cirebon nongkrongnya ba’da Ashar. Nah zona PKL yang ada di samping alun-alun akan diperluas jadi 2 lantai dan ada zona belanjanya,” ujar dia.

Dia mengatakan, secara keseluruhan, sebanyak tujuh alun-alun akan ditata oleh Pemprov Jabar. Ridwan Kamil juga mengaku sudah menyiapkan konsep penataan alun-alun Kejaksan Kota Cirebon itu sendiri.

Pada kesempatan tersebut, Ridwan Kamil mengapresiasi rencana penataan alun-alun Keraton Kasepuhan. Namun, dia masih membahas terkait mekanisme penganggarannya.

“Ya nanti kita masih bahas apakah harus lewat CSR atau anggaran lain yang jelas ikhiar nya dua alun-alun akan mempercantik Kota Cirebon dan membuat betah pengunjung,” ujar dia.

Related posts