GAYA HIDUP 

Penting! Ini Saran Pakar Biar Ayam Ungkep Tak Bikin Keracunan

beritaterkini99- Ayam goreng menjadi makanan favorit mayoritas keluarga di Indonesia. Selain karena bahannya mudah didapatkan, cara penyajiannya juga terbilang gampang. Banyak ibu rumah tangga yang memasak ayam terlebih dahulu atau diungkep sebelum digoreng.

Pakar Pangan Institut Pertanian Bobor (IPB), Prof Harsi Dewantari Kusumaningrum, menjelaskan bahwa terdapat kesalahan umum yang seringkali dilakukan oleh ibu rumah tangga dalam mengolah makanan.

“Seringkali, ibu-ibu kalau masak ayam ungkep itu mikirnya secara keseluruhan sudah matang jadi tidak digoreng dalam waktu yang lama. Padahal, bagian dalam ayam juga harus terpapar cukup panas karena biasanya masih ada darah,” ujarnya dalam Food Safety and Sustainability di Kantor Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (26/9/2018).

Kasus keracunan pangan di Indonesia akibat masakan rumah tangga mencapai 36 persen pada tahun 2017. Data dari IPB menunjukkan bahwa risiko infeksi Salmonella akibat mengonsumsi ayam ungkep goreng mencapai 31 dari 10.000 orang.

Penyebab Kejadian Luar Biasa (KLB) keracunan pangan yang terjadi selama 2017 adalah sebagai berikut:

– Masakan Rumah Tangga (36 persen)
– Tidak Diketahui (33 persen)
– Jasaboga atau katering (12 persen)
– Makanan Jajanan Sekolahan (9 persen)
– Makanan Jajanan (7 persen)
– Makanan Kemasan (3 persen)

Prof Harsi menyarankan untuk selalu memasak pangan dengan benar sampai seluruhnya terpapar panas agar membunuh seluruh bakteri berbahaya.

“Untuk ayam yang sudah diungkep, baiknya digoreng selama empat menit dalam suhu 70 derajat celcius. Kalau tidak punya pengukur suhu, ayamnya di diamkan saja pada api sedang sampai benar-benar kecoklatan sekitar enam menit,” jelasnya.

Related posts