EKONOMI 

Perusahaan Fintech Ini Tawarkan Bunga Pinjaman 0 Persen untuk Usaha Mikro

Beritaterkini99- Perusahaan fintech peer to peer lending (P2P Lending) PT Toko Modal Mitra Usaha (Tokomodal) menargetkan bisa meningkatkan jumlah pembiayaan kepada usaha kecil pada 2019 ini. Salah satu caranya dengan memberikan bunga 0 persen.
Co-Founder Tokomodal Chris Antonius mengatakan, Tokomodal didirikan bertujuan untuk membangkitkan dan meningkatkan daya saing usaha mikro dengan pinjaman yang mudah dan aman. Salah satunya yaitu Outlet Binaan Alfamart (OBA) yang sudah bekerja sama dengan Alfamikro.
“Kami ingin membantu OBA untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak dan stok yang banyak juga. Saat ini banyak OBA yang sulit mengembangkan usahanya karena modalnya terbatas. Kehadiran TOKOMODAL ini untuk membantu masalah tersebut,” ujar dia di Jakarta, Minggu (20/1/2019).
Menurut dia, bunga yang diberikan juga sangat ringan, yaitu sebesar 0 persen untuk jangka waktu 7 hari. Saat ini, rata-rata OBA yang menggunakan fasilitas pembiayaan Tokomodal bisa mengembalikan pinjamannya tidak sampai 7 hari.
“Bahkan ada yang bisa mengembalikan dalam 2 hari. OBA yang ingin membayar juga cukup mudah, tinggal datang ke Alfamart atau dititipkan ke Member Relation Officer (MRO) Alfamikro,” kata dia.
Chris menjelaskan, untuk pemilik warung yang ingin mendapatkan fasilitas Tokomodal harus mendaftar dulu menjadi OBA.
Kemudian tinggal daftar ke Alfamikro, lalu pihak Alfamikro akan melakukan survei. Selain itu, OBA juga harus bisa mengoperasikan smartphone Android karena pemesan barang akan menggunakan aplikasi.
“Banyak keuntungan yang didapatkan pemilik warung jika sudah menjadi member OBA. Pertama, pesan barang lebih mudah dan cepat. Kedua, belanja sekarang bayarnya bisa belakangan. Dan terakhir adalah gratis ongkos kirim,” jelas dia.
Menurut Chris, sejauh ini tanggapan OBA Alfamikro sangat positif terhadap kehadiran Tokomodal. Buktinya selama kuartal IV 2018 Tokomodal sudah melayani lebih dari 8.000 OBA yang tersebar di 22 Provinsi dan 50 kota. “Kami targetkan bisa bekerja sama dengan 40 ribu OBA yang sudah terdaftar di Alfamikro,” ungkap dia.
Saat ini rata-rata transaksinya mencapai Rp 1,5 juta. Sedangkan total pinjaman yang sudah disalurkan selama kuartal IV 2018 sudah mencapai lebih dari Rp 130 miliar. “Dengan tren yang terus naik, kami targetkan tahun ini minimal kita bisa salurkan pinjaman mencapai Rp 1 triliun,” tandas dia.

Related posts