TEKNOLOGI 

Tiga Hal Terbaik dan Terburuk dari iPhone XS, Apa Saja?

beritaterkini99- Tidak tanggung-tanggung, Apple merilis tiga iPhone terbaru sekaligus. Ketiga iPhone yang dimaksud yakni iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

iPhone XS melengkapi seri perangkat bezeless iPhone X yang dirilis tahun lalu. Untuk seri iPhone terbaru ini, terdapat versi besarnya yakni iPhone XS Max yang punya layar 6,5 inci.

Sebelum memutuskan untuk membelinya, berikut adalah tiga hal terbaik dan terburuk dari iPhone XS yang perlu kamu ketahui, seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (15/9/2018).

Fitur Terbaik

1. Layar OLED

Dibandingkan dengan iPhone XR yang lebih murah, iPhone XS dan iPhone XS Max hadir dengan layar OLED. Layar OLED bisa dibilang merupakan layar terbaik untuk sebuah smartphone.

Sama dengan iPhone X, iPhone XS dibekali layar seluas 5,8 inci dengan rasolusi 2.436 x 1.125 piksel. Sementara iPhone XS Max hadir dengan layar OLED 6,5 inci dengan resolusi 2.688 x 1.242 piksel.

Dengan layar OLED, iPhone XS dan XS Max bisa menghasilkan tampilan gambar yang tajam dan penuh warna.

1 dari 6 halaman

2. Kualitas Fotografi Lebih Baik Berkat Chip A12

Salah satu fitur terbaik iPhone terbaru adalah kemampuan fotografinya. Hal ini tentu tidak lepas dari dukungan prosesor A12 Bionik yang tersemat di dalamnya.

Prosesor baru ini membantu pemrosesan tugas-tugas yang memanfaatkan machine learning dan teknologi kecerdasan buatan lainnya. Salah satu fitur yang memanfaatkan kerja kecerdasan buatan adalah Smart HDR.

Dengan fitur ini, kamera iPhone XS dan iPhone XS Max mengambil banyak gambar dengan beragam setting-an eksposur kemudian menggabungkannya dengan baik.

Selain itu ada juga fitur pengaturan aperture dan depth of field setelah foto dijepret, sehingga efek bokeh bisa diterapkan lebih baik.

 

2 dari 6 halaman

3. Tahan Air dengan Sertifikat IP68

Ada sejumlah fitur iPhone XS dan iPhone XS Max yang terbilang jagoan, misalnya dukungan dual SIM, kualitas suara stereo, hingga opsi memori seluas 512GB.

Namun ada satu fitur yang belum ada dibandingkan dengan iPhone sebelumnya, yakni sokongan sertifikat IP68 untuk ketahanan terhadap air selama 30 menit dan debu. Tingkatan IP68 lebih tinggi dibandingkan IP 67 yang diterapkan pada iPhone X tahun lalu.

3 dari 6 halaman

Hal Buruk Tentang iPhone XS

1. Harga Mahal

iPhone XS dibanderol Rp USD 999 atau setara Rp 14,7 jutaan. Sementara, iPhone XS dibanderol USD 1.099 atau setara Rp 16,2 jutaan.

Namun harga iPhone XS pun tergantung dari besaran memorinya. Artinya, makin luas memorinya, makin tinggi pula harganya. Salah satunya iPhone XS Max dengan memori internal 512GB dibanderol USD 1.449 atau setara Rp 21,4 jutaan.

 

4 dari 6 halaman

iPhone XR

2. Perbedaan iPhone XR dan iPhone XS Tak Terlalu Jauh

iPhone memang selalu dinanti dan diburu oleh para fansnya. Selain mengeluarkan varian iPhone XS dan iPhone XS Max yang hadir dengan layar OLED, Apple juga merilis iPhone XR.

Dua tipe ini memiliki spesifikasi fisik yang serupa, misalnya saja prosesor terbaru A12 Bionik, kamera depan dengan Face ID dan Animoji, serta desain tanpa bingkai yang sama.

Meski kamera belakang iPhone XR hanya satu lensa, kamera iPhone XR masih bisa memotret dengan hasil yang sama.

Dengan sejumlah spesifikasi yang cukup mirip, kira-kira kamu mau membeli yang mana?

5 dari 6 halaman

Warna iPhone XS Terbatas

3. Varian Warna Terbatas untuk iPhone XS

iPhone XS dan iPhone XS Max merupakan perangkat flagship Apple tahun ini. Sayangnya perangkat ini hanya hadir dalam tiga varian warna, yakni gold, silver, dan spacey grey.

Sementara untuk iPhone XR yang lebih terjangkau justru hadir dengan banyak warna seperti hitam, biru, coral, merah, kuning, hingga putih.

Related posts