Lifestyle 

Walau Tak Dapat Disembuhkan, Kontrol Diabetes dengan Cara Ini

Beritaterkini99– Walaupun kadar gula darah sudah normal, bukan berarti pengaturan pola makan dan gaya hidup sehat dapat ditinggalkan. Penyandang diabetes harus selalu mengatur menjalani gaya hidup sehat agar kadar gula darah tidak melonjak secara tiba-tiba.

Medical Advisor Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W, mengungkapkan diabetes tipe 2 dapat dikontrol dengan menjalani gaya hidup sehat.

“Caranya dengan mengatur pola makan yang tepat, melakukan aktivitas fisik secara teratur, patuh mengonsumsi obat-obatan diabetes tipe 2 atas rekomendasi dokter, serta mengikuti anjuran yang disampaikan dokter,” ujar dr Ervina kepada detikHealth, Jumat (2/11/2018).

Penyandang diabetes tipe 2 harus berolahraga rutin seperti berjalan dan naik sepeda selama 30 menit per hari. Sebab, kegiatan ini bisa membantu menurunkan gula darah dan berat badan berlebih.

“Pada penyandang diabetes tipe 2, olahraga dapat membantu untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badannya karena penyandang umumnya berisiko mengalami obesitas. Selain karena saat berolahraga, tubuh butuh energi ekstra sehingga otot akan menyerap glukosa sehingga membantu menurunkan gula darah,” jelasnya.

Ia merekomendasikan untuk melakukan olahraga adalah 3-5 kali seminggu, minimal 30 menit per sesi dengan intensitas ringan sampai sedang. Sebelum mulai olahraga, lanjut dr. Ervina, sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter untuk dapat memilih olahraga yang sesuai dengan kondisi masing-masing.

“Jangan lupa juga untuk memantau kadar gula darah sebelum dan sesudah olahraga, serta lakukan pemanasan dan pendinginan setidaknya selama 5 menit. Siapkan air minum agar tubuh tetap terhidrasi dan sediakan camilan sesuai rekomendasi dokter,” katanya.

Bagi yang merokok, dr. Ervina menyarankan agar menyetop kebiasaan tersebut karena bisa mengantarkan komplikasi seperti penyakit jantung, ginjal, stroke, dan penyakit pembuluh darah.

Kelola juga stres agar kadar gula darah tidak naik tiba-tiba. Cara lainnya agar kadar gula darah tetap aman adalah dengan menghindari makanan yang mengandung karbohidrat dan manis karena bisa memperparah diabetes.

Selain itu, konsumsi Diabetasol yang diformulasikan khusus dengan nutrisi lengkap sehingga dapat membantu memenuhi pola makan 3J (Jumlah, Jenis, dan Jadwal) bagi penyandang diabetes untuk membantu menjaga kadar glukosa harian.

Related posts