Fashion 

5 Cara Mencuci Jeans Berwarna Gelap agar Tidak Cepat Luntur

Beritaterkini99- Jeans mungkin adalah salah satu bahan kain yang paling digemari. Siapa pun pasti punya satu atau dua celana berbahan jeans atau denim. Pasalnya jeans bisa dipadupadankan dengan segala macam atasan dan sepatu. Apalagi kalau jeans yang kamu punya berwarna gelap.

Masalahnya, jeans yang berwarna gelap seperti hitam atau biru mudah sekali pudar warnanya. Beberapa orang berpendapat bahwa jeans yang semakin pudar alias belel, semakin terlihat keren. Tapi, tak sedikit pula yang merasa warna jeans harus selalu terjaga demi jaminan kualitas saat dipakai.

Jeans memang tak perlu sering-sering dicuci. Tapi kalau sekali dicuci pun tidak dengan cara yang tepat, bisa semakin cepat rusak atau berubah warna. Cara mencuci jeans harus diperhatikan agar tidak mudah luntur.

Berikut Beritaterkini99.com  rangkum tentang cara mencuci jeans berwarna gelap agar tidak cepat luntur dari berbagai sumber, Senin (8/7/2019).

2 dari 6 halaman

Pakai Air Dingin

Cara pertama adalah dengan mencuci jeans menggunakan air dingin. Lihat anjuran pencucian yang terdapat dalam label celana jeans.

Umumnya dianjurkan untuk mencuci jeans dengan air dingin, karena air dingin dapat membantu menjaga seratnya serta meminimalisir pemudaran warna. Sebaliknya, air hangat memang dapat membantu melunturkan kotoran yang mengendap di serat jeans, namun juga akan membuat jeans cepat rusak dan pudar.

Pilih suhu air paling dingin saat mencuci jeans warna gelap dan pastikan saat membilasnya pun pakai air yang dingin pula.

3 dari 6 halaman

Deterjen yang Tepat

Cara yang kedua adalah dalam pemilihan deterjen. Tidak semua deterjen sama. Ada yang memiliki formula khusus untuk menjaga bahan tetap lembut, menjaga warna asli dari pakaian, dan lain sebagainya.

Untuk mencuci jeans warna gelap, penting untuk pilih deterjen yang mampu menjaga warna agar tidak memutih setiap kali dicuci. Cara yang paling tepat adalah dengan menggunakan deterjen cair atau gunakan deterjen dengan jumlah yang sedikit saja saat mencuci jeans berwarna gelap agar tidak mudah pudar.

4 dari 6 halaman

Cuci Bagian dalam Jeans

Kalau jeans kamu tidak terlalu kotor, sebaiknya balik jeans sebelum dicuci. Cuci bagian dalam jeans saja, kemudian jemur di udara terbuka.

Mencuci dan menjemur jeans yang sudah dibalik terlebih dahulu sedikit banyak akan membantu mempertahankan warna. Dalam menggunakan mesin cuci pun juga begitu.

Balik dulu bagian dalam menjadi bagian luar untuk mencegah kerusakan serat kain. Tentunya kamu tidak mau jeans menjadi cepat luntur.

5 dari 6 halaman

Tambahkan Sedikit Cuka

Tambahkan setengah cangkir cuka putih pada air bilasan jeans yang terakhir. Ini akan membantu menjaga warna jeans yang gelap agar tidak cepat pudar. Jadi, saat akan mencucinya untuk yang kedua kalinya, kamu tidak perlu khawatir lagi jeans akan luntur.

6 dari 6 halaman

Mode Mesin Cuci

Ada mode khusus untuk mencuci bahan halus, dan mode inilah yang baiknya digunakan untuk mencuci celana jeans dengan mesin cuci. Pencucian yang lembut bisa meminimalkan penyusutan, jadi jeans tidak mudah belel.

Putaran yang singkat namun lambat membuat celana jeans kam tidak tersiksa dalam mesin cuci. Jika memungkinkan, selalu cuci jeans kamu secara manual. Mencuci jeans dengan tangan lebih ‘ramah’ untuk bahan jeans daripada menggunakan mesin cuci.

Related posts