Lifestyle 

Ini Dia Super Food yang Bisa Bikin Kadar Kolesterol Turun

 

Beritatrekini99 – Memiliki kadar kolesterol tinggi tentu dapat membahayakan kesehatan karena bisa menyebabkan berbagai penyakit. Untuk itu, coba turunkan kadar kolesterol jahat dengan mengonsumsi beberapa makanan yang dianjurkan.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, ada beberapa super food yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Di antaranya oatmeal dan makanan berserat tinggi, kacang-kacangan seperti kacang kedelai, dan lainnya.

Menurut Medical Advisor Kalbe Nutritionals dr. Ervina Hasti W, oatmeal bisa menurunkan kadar kolesterol karena kandungan seratnya tinggi sehingga bisa mengurangi penyerapan kolesterol oleh tubuh.

“Kemampuan oatmeal menurunkan kadar kolesterol erat kaitannya dengan kandungan seratnya. Serat larut dalam oatmeal dapat mengurangi penyerapan kolesterol oleh tubuh melalui usus dan dapat mengurangi lipoprotein dengan kerapatan rendah (LDL) alias kolesterol jahat,” ujarnya kepada Beritaterkini99.com , Jumat (26/4/2019).

Namun dr. Ervina mengatakan konsumsi kacang kedelai kurang signifikan dalam menurunkan kolesterol jahat karena hanya mampu menurunkan sebesar 3% setelah mengonsumsi 50 gram kacang kedelai setiap hari.

“Karena itu, AHA menyatakan bahwa susu kedelai dan produk kacang kedelai lainnya boleh menjadi bagian dari menu makanan sehari-hari, namun tidak direkomendasikan khusus untuk terapi menurunkan kolesterol tinggi,” sambungnya.

Selain dengan mengonsumsi super food tadi, dr. Ervina juga menyarankan untuk menerapkan 7 langkah TANGKAL kolesterol, yakni Teratur periksa kolesterol, Awasi asupan dan pola makan, Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol, Giat berolahraga, Kendalikan berat badan dan hindari stress, Awasi tekanan darah, dan Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2 kali sehari

Nutrive Benecol mengandung Plant Stanol Ester (PSE) yang telah teruji klinis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah 7-10% jika dikonsumsi teratur 2 kali sehari dalam 2-3 minggu.

Kandungan 1 gram Plant Stanol Ester yang terdapat di dalam sebotol Nutrive Benecol setara dengan 3 gram beta glucan yang terdapat dalam 3 mangkuk oat.

Related posts