INTERNASIONAL 

Ratusan Ribu Warga Azerbaijan Diprediksi Akan Membanjiri Indonesia Cultural Festival 2018

beritaterkini99 – Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Azerbaijan menyelenggarakan Indonesian Cultural Festival (ICF) 2018 di Kota Baku, pada 11 hingga 16 September 2018.

Indonesian Cultural Festival tahun ini mengusung tema “keeping the archipelago greatest culture alive”, yang diadakan di dua tempat berbeda di Kota Baku, yaitu Heydar Aliyev Sarayi dan Fountaine Square –sebuah pusat perbelanjaan luar ruang yang selalu ramai dikunjungi masyarakat Azerbaijan dan turis mancanegara karena letaknya di tengah jalur Sirkuit Formula 1 Baku.

Husnan Bey Fananie, Dubes RI untuk Azerbaijan mengungkapkan, bahwa ICF 2018 akan lebih heboh lagi dari edisi tahun sebelumnya.

“ICF 2018 akan menorehkan sejarah bagi Indonesia, lantaran acara ini dilaksanakan di jantung Kota Baku Azerbaijan. Akan ada ratusan ribu warga Azerbaijan dan wisatawan mancanegara menikmati budaya Indonesia dan produk asli Indonesia,” ungkap Husnan Bey Fananie di Baku Azerbaijan, Senin 10 September 2018, seperti dikutip dari rilis resmi KBRI Baku yang dimuat beritaterkini99 Selasa (11/9/2018).

Antusiasme kemeriahan ICF 2018 pun dirasakan oleh beberapa Kementerian di Indonesia, lantaran adanya dukungan dari Kemeterian Luar Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Alhamdulillah pada ICF 2018 akan dibuka oleh Presiden Republik Azerbaijan Bapak Ilham Aliyev bersama Bapak Profesor Dr. Muhajir Efendi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,” ungkap Husnan Bey Fananie yang baru saja mendapat gelar Profesor  dari Azerbaijan Dilar University.

Indonesian Cultural Festival (ICF) 2018 merupakan kegiatan tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Baku bekerjasama dengan PT. Dana Dyaksa Nusantara (DAYA) di Jakarta (EO).

1 dari 1 halaman

Melibatkan Ratusan Warga Indonesia

Duta Besar Husnan Bey Fananie juga menambahkan, bahwa dalam waktu seminggu kedepan Kota Baku Azerbaijan akan diramaikan ratusan warga Indonesia yang akan teribat Expo Indonesia di ICF Week.

“Ratusan warga Indonesia nanti akan mengangkat harga diri bangsa Indonesia di Kancah Internasional, kita akan memindahkan semangat Indonesia ke sebuah negeri yang menjadi pusat peradaban dan HUB Negara – Negara Kaukasus, Eropa Timur, Asia Tengah dan Asia Selatan,” tutup pria yang juga mendapat predikat Duta Besar terbaik  di Azerbaijan selama 3 tahun berturut–turut.

Dalam ICF 2018 tahun dimeriahkan oleh Pemkab. Tulang Bawang Barat, Pemprov. DKI bersama Srikandi Jakarta, Pengusaha dari Indonesia akan terbang ke Baku Azerbaijan untuk memeriahkan dan mempromosikan produk asli Indonesia.

Seperti Batik Betawi Gobang, Delima Candi Amazing, PT PASI, Batik Coretta Indonesia, Kerajinan Kayu Larasindo Furniture dari Klaten Jawa Tengah, PT. Langlang  Buwana, KK Shop (Batik Cake), Altra Tour and Travel, serta Kerajinan SanCraft.

Turut menghadirkan Atlet Pencak Silat dari Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Kaligrafer Nasional utusan Kemenag RI dan yang paling meriah lagi akan ada penampilan Reog Ponorogo dari sanggar Sabuk Janur yang datang langsung dari Ponorogo, Jawa Timur dan Guest Star Jasser dari Indonesia Dwiki Darmawan, Ita Purnama Sari dan Amelia Ong.

Related posts