LIGA ENGLAND 

Van Dijk Datang, Benteng Si Merah pun Jadi Kokoh

beritaterkini99 – Liverpool menjadi salah satu tim Inggris dengan pertahanan tersolid musim ini. Virgil van Dijk bicara soal rahasia di balik itu.

Musim ini Liverpool baru kebobolan tiga gol di liga Inggris dan belum sekalipun kalah. Mereka duduk di peringkat tiga dengan 20 poin, hanya kalah selisih gol dari Manchester City dan Chelsea.

Rekor pertahanan Liverpool di Anfield juga menjadi sorotan karena tak pernah kebobolan sejak Februari atau terhitung sembilan laga sampai saat ini.

Gol terakhir yang bersarang di gawang Liverpool ketika tampil di Anfield terjadi ketika Mohamed Salah dkk menang 4-1 dari West Ham United musim lalu. Saat itu Michail Antonio membobol gawang The Reds.

Kedatangan Van Dijk Januari lalu ternyata benar-benar berpengaruh pada performa lini belakang Liverpool. Pemain Belanda ini berhasil menjadi jendral dan membuat bek- bek The Reds lain lebih solid lagi.

Setelah memperlihatkan performa ideal bersama Dejan Lovren, Van Dijk kini berduet dengan sangat sempurna bersama Joe Gomez di jantung pertahanan Liverpool.

Sang pemain pun mengungkapkan kunci utama berkembangnya lini belakang The Reds setelah terus-menerus dikritik beberapa musim terakhir

“Kredit harus diberikan kepada semua pemain. Anfield adalah tempat yang sulit untuk tim-tim lawan,” ungkap Van Dijk seperti dilansir Liverpool Echo.

“Sebagai bek, juga para pemain lain di tim, kami mencoba agar tidak kebobolan. Karena kami tahu jika melakukan itu maka tim berpeluang besar menang,” sambungnya.

“Kami selalu mempunyai kesempatan, selalu berbahaya di depan gawang lawan, pun terus menciptakan peluang. Jadi kami tahu jika berhasil membuat clean sheet, tim punya peluang besar untuk menang.”

“Bagaimana kami bertahan, menekan lawan bersama-sama, semua berawal dari depan. Kami bisa sangat menyulitkan lawan,” tuturnya.

Van Dijk berkata bahwa lawan akan sangat sulit menjalani sistem yang diinginkan karena lini depan Liverpool juga hebat dalam menekan dan bertahan.

“Tak akan pernah mudah melewati tiga pemain depan kami. Ketika kalian berhasil, ada para gelandang yang terus menekan dan tak akan meninggalkan musuh sendirian. Lalu kalian akan berhadapan dengan kami para bek, ditambah sekarang kami juga punya kiper yang luar biasa, itu sangat membantu,” tutup bek termahal dunia itu.

Related posts